Senin, 19 Oktober 2015

SAJAK-SAJAK MISTIK RUMI

MATSNAWI

Cuplikan Bagian Ke-1

MAKAMMU YANG SESUNGGUHNYA

١٣٠ –  وعمارة القبر واللحد لا تكون بالحجارة ولا بالخشب والبوص الكثير - بل عليك ان تحفر قبرا لنفسك في الصفاء ، وتقوم بدفن أنيتك في أنيته. - تصير ترابا مرفونا في الاهتمام به ، حتى يجد نفسك الامدادات من نفسه. - فالمقابر والقباب والشرف، لا تتأتي كلها من اصحاب المعني. - وانظر الآن الي الحي الذي يلبس الديباج، فهل يوجد ديباج يأخذ بيد الفهم ؟ - ان روحه تلك تكون في عذاب بئيس، وعقرب الغم (( تلدغ )) قلبه الذي هو وعاء للغم. - وعلي ظاهره من الخارج زينة ونقوش، لكن افكاره في الباطن في آلم مقيم. - اما ذلك الذي تبصره في الحرقة القديمة ، فهو في فكر حلو كسكر النبات وحديثه كالشهد.

130. " Makammu bukanlah diperindah oleh batu, kayu dan plesteran;
Bukan itu, melainkan dengan menggali makam untuk dirimu sendiri dalam kesucian ruhani dan menguburkan egoisme dirimu di dalam egoisme-Nya
Dan menjadi debu-Nya dan terkubur dalam cinta-Nya, sehingga Nafas-Nya dapat memenuhi dan menghidupimu.
Sebuah makam dan kubah menara kecil tidaklah menyenangkan bagi para pengikut Yang Maha Besar.
Sekarang lihatlah orang hidup yang berkain satin: apakah jubahnya yang indah itu menuntun pengertiannya terhadap segala sesuatu?
Jiwanya tersiksa, kalajengking deritanya berdiam di dalam hatinya yang benar-benar pedih.
Lahirnya, penuh dengan tanda jasa dan hiasan; namun batinnya mengerang, menjadi mangsa berbagai pikirannya yang pahit;
Dan lihatlah, orang lain, yang berjubah tua lagi kumal, pikiran-pikirannya manis bagai tebu, kata-katanya bagai gula ".

Jalaluddin Rumi, Mastnawi. Jilid III, Hal. 36, sajak ke-130-137.

MATI SEBELUM MATI

٧٤٧. – ومن هنا قال المصطفى صلي الله عليه وسلم : يا باحثا عن الاسرار ، هل تريد ان ترا ميتا حيتا ؟ - تراه حيا يمضى على الارض كالأحياء، وهو ميت ، صعدت روحه الى السماء. - ولروحه مسكن في الاعالى ، وان يمت فلا انتقال لروحه . - ذلك انه قد انتقل قبل الموت ، وهذا يصبح مفهوما بالموت لا بالعقل. - انه يكون نقلا ، لا كانتقال العوام، لكنه انتقال من مقام الى مقام. - وكل من يريد ان يرى ميتا يمشى على الارض عياتا هكذا ; - قل له انظر الى ابى بكر التقى ، صار من صدقة أمير المحشرين. - وانظر الى الصديق في هذه النشأة ، حتى يزداد اعتقادك في الحشر. - ومن ثم كان محمد مائة قيامة حاضرة، ذلك ان حله وعقده ذابا في الفناء. - ان أحمد هو المولود ثانية في الدنيا، وكان هو مائة قيامة عيانا. - وكانوا يسألونه عن القيامة قائلين : ايتها القيامة ، كم الطريق الى القيامة. - فكان يرد عليهم كثيرا بلسان الحال، قائلا : ايسأل إنسان من المحشر الحشر ؟؟!. - ومن هنا قال ذلك الرسول صلى الله عليه وسلم حسن الرسالة سر { موتوا فبل الموت يا كرام } !!

Sang Nabi bersabda, “Wahai pencari rahasia-rahasia, hendaklah engkau melihat orang mati yang hidup,
Yang berjalan-jalan di atas bumi, seperti orang yang masih hidup; namun ruhnya bertempat tinggal di Surga,
Karena dia telah dipindahkan sebelum mati dan tidak akan dipindahkan ketika dia mati-
Suatu rahasia di luar pemerian, hanya dimengerti oleh orang yang sedang sekarat.
Apabila ada orang yang ingin melihat orang mati yang masih kelihatan berjalan di atas bumi, 
Biarkanlah dia melihat Abu Bakr, yang saleh, yang karena kebajikannya menjadi seorang saksi yang benar bagi Tuhan menjadi Pangeran kebangkitan.”
Muhammad lahir dua kali di dunia ini: dia mati terhadap semua yang terkadang tiada dan ada: dialah ratusan kebangktan kembali di sini dan kini
Sering mereka bertanya kepadanya, “Berapa jauhkah jalan menuju Kebangkitan?”
Dan dia akan menjawab dengan kefasihan bisu, “Adakah seseorang yang bertanya bahwa akulah Kebangkitan itu?”
Jadilah Kebangkitan dan lihatlah juga: menjadi adalah syarat mutlak untuk melihat hakekat segala sesuatu.
Apakah ia terang atau gelap, sebelum engkau menjadi ia engkau tak akan pernah mengetahuinya secara sempurna.

Puisi Oleh: Jalaluddin Rumi, Mastnawi. Jilid 6, Hal. 91,Syair ke-747.

DAYA TARIK CINTA

ان الحب والوهم ينسجان في جمال يوسف عليه السلام، وهما اشد سحرا من هاروت وماروت. - وانك لتخلق صورة ما على ذكراه، وانجذابك بالصورة يدفعك الى الحديث والكلام. - وتتحدث الى الصورة بأسرارك آلاف المرات ، مثلما يتحدث الحبيب الى حبيبه. - وفي حين انه لا صورة هناك ولا هيكل، قد انبعث منها مائة سؤال ومائة جواب (١). - مثل إمرأة مسلوبة الفؤاد، ثكلى امام قبر ولدها الذى مات حديثا. - انها تتحدث اليه بالاسرار بجد واهتمام، وذلك الجماد يبدو لها حيا. - إنها تتعبر ذلك التراب حيا وحاضرا، وترى للغثاء عينا وأذنا. - وعندها ان كل ذرة من تراب ذلك القبر ، لديها وعي ولديها أذن ، عند الوجد الذى يبدر منها. - انها تتعبر ذلك القبر مستمعا، وذلك بشكل جاد، فانظر الى هذا العشق الساحر. - وهي تتجه جادة الى تراب قبره الحديث لحظة بلحظة، وتضع وجهها الدامع عليه. - بالرغم من انها لم تتجه قط بهذا الشكل الى ابنها الحبيب كأنه الروح ، عندما حيا. - وعندما تمر عدة ايام على الحداد والسواد، تسكن نيران وجدها وعشقها. - فان العشق للميت لا يبقى ثابتا ، فاعشق الحي الذى يطيل في العمر ويزيد في الروح. - فانها من بعد ذلك من نفس ذلك القبر يأتيها النوم، ويتولد لها جماد من جماد. - ذلك ان العشق اختطف تعويذته ومضى الى حال سبيله، وعندما انطفأت النار المتأججة، بقي التراب.

*(١) حرفيا : مائ الست وبلى.

( مثنوي، لمولانا جلال الدين الرومي، الكتاب الخامس، ص ٣٣٩ - ٣٤٠ ، دوان ٣٢٦١ )

" Cinta dan khayalan menciptakan ribuan bentuk indah seperti Yusuf; sesungguhnya mereka adalah ahli sihir yang lebih mahir daripada Harut dan Marut.
Di depan matamu mereka menghidupkan bayangan Sang Kekasih; engkau terpesona dan mengungkapkan seluruh rahasiamu kepadanya.
Bagai seorang ibu, di depan kuburan anaknya yang baru meninggal dunia,
Berbicara kepadanya benar-benar dan sungguh-sungguh; karena dilanda dukacita, ia membayangkan tanahnya menjadi hidup.
Dan di dalam hatinya percaya sang anak mendengarkannya. Lihatlah, daya tarik itu disebabkan oleh Cinta!
Dengan mesra dan penuh air mata, berulang kali dengan bijak ia letakkan bibirnya, di atas tanah segar makam anaknya.
Sebegitu rupa, seakan selama hidup sang anak tersayang, belum pernah ia menciumnya.
Namun cinta kepada yang mati takkan bertahan lama: ketika hari-hari berkabungnya telah berlalu, kobaran dukacitanya pun lenyap.
Cinta membawa pergi pesonanya,  apinya pun hilang, hanya tinggal abunya.

Puisi Oleh: Jalaluddin Rumi, Matsnawi. Kitab ke- 5, Sajak ke- 3261 - 3275 .

——————
Sidoarjo, selasa 20 Oktober 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar