Jumat, 01 Mei 2015

TAKHRIJ HADIST TENTANG NIAT DAN PERBEDAAN DALAM PERIWAYATAN LAFADZ-LAFADZNYA

BEBERAPA VERSI PERIWAYATAN REDAKSI LAFADZ HADIST TENTANG NIAT

Ada beberapa redaksi lafadz yang berbeda pada periwayatan hadist tentang niat :

انما الاعمال بالنيات، وانما لكل امرئ ما نوى....الحديث.

" Sesungguhnya segala amal perbuatan itu bergantung pada niatnya, dan bagi setiap individu sesuai apa yang diniatkannya.....( al-Hadist )

Dibawah ini kami sebutkan berbagai versi lafadz-lafadznya :

تخريج الحديث وذكر الاختلاف في بعض ألفاظه:

Takhrij hadist dan dan penyebutan perbedaan dalam beberapa redaksi lafadz-lafadznya.

رواه الإمام البخاري في سبعة مواضع من صحيحه، بيانها كالتالي:

Imam Al-Bukhori meriwayatkannya pada 7 tempat didalam kitab Shohihnya, penjelasannya sebagaimana berikut ;

1. كتاب بدء الوحي، باب كيف كان بدء الوحي إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم، وقول الله جل ذكره (إنا أوحينا إليك كما أوحينا إلى نوح والنبيين من بعده) -النساء -163. الحديث رقم 1، بلفظ '' إنما الأعمال بالنيات، وإنما لكل امرئ ما نوى..'' دون ذكر الشطر الأول من الهجرة.

(1). Kitab Permulaan wahyu ( bad'ul wahyi ) , bab bagaimana pertama kali permulaan wahyu kepada Rosululloh SAW , dan firman Alloh ; "   انا اوحينا اليك كما اوحينا الى نوح والنبيين من بعده  ". [ QS. An-Nisa', ayat 163 ] , Hadist No. 1, dengan redaksi lafadz, "   انما الاعمال بالنيات، وانما لكل امرئ ما نوى...." tanpa menyebutkan bagian pertama dari hijrah.

2. كتاب الإيمان، باب ما جاء أن الأعمال بالنية والحسبة، ولكل امرئ ما نوى، فدخل فيه الإيمان والوضوء والصلاة والزكاة والحج والصوم والأحكام، وقال الله تعالى ( قل كل يعمل على شاكلته) -الإسراء 84- على نيته،'' نفقة الرجل على أهله يحتسبها صدقة''، وقال النبي صلى الله عليه وسلم '' ولكن جهاد ونية''. الحديث رقم 54، بلفظ '' الأعمال بالنية، ولكل امرئ ما نوى''، كاملا.

(2). Kitab al-Iman, pada Bab, "  ما جاء ان الاعمال بالنية والحسبة، ولكل امرئ ما نوى  ". Maka hadist ini masuk juga didalamnya tentang keimanan, wudhu', sholat, zakat, haji, puasa, dan hukum-hukum. Alloh Ta'ala berfirman ; "  قل كل يعمل على شاكلته  " (  Katakanlah: "Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing". QS. Al-Isro', ayat 84 ) adalah menurut niatnya. " Nafaqoh seorang laki-laki kepada keluarganya yang diperolehnya ( dari bekerja ) adalah shodaqoh ", dan bersabda Nabi SAW, " akan tetapi jihad dan niat ". Hadist No. 54, dengan redaksi lafadz , "   انما الاعمال بالنيات، وانما لكل امرئ ما نوى ...." dengan redaksi yang sempurna.

3. كتاب العتق، باب الخطأ والنسيان في العتاقة والطلاق ونحوه، ولا عتاقة إلا لوجه الله تعالى، وقال النبي صلى الله عليه وسلم '' لكل امرئ ما نوى''، ولا نية للناسي والمخطئ. الحديث رقم 2529، بلفظ '' الأعمال بالنية، ولامرئ ما نوى''، كاملا.

(3). Kitab al-'itq, pada Bab, "   الخطأ والنسيان في العتاقة والطلاق ونحوه، ولا عتاقة الا لوجه الله تعالى ( kesalahan dan kealpaan didalam memerdekakan budak dan thalaq dan semisalnya, dan tidak ada pemerdekaan kecuali karena Alloh ) dan Nabi SAW bersabda : "   لكل امرئ ما نوى   ( tiap-tiap individu sesuai apa yang diniatkannya ), bagi orang yang lupa dan tersalah tidak ada niat ", pada Hadist No. 2529, dengan redaksi lafadz, "    الأعمال بالنية، ولامرئ ما نوى   " secara sempurna.

4. كتاب مناقب الأنصار، باب هجرة النبي صلى الله عليه وسلم وأصحابه. الحديث رقم 3898، بلفظ ''الأعمال بالنية'' دون جملة ''ولكل امرئ ما نوى''، وبتقديم جملة الهجرة إلى الدنيا على الهجرة إلى الله.

(4). Kitab Manaqib al-Anshor , Bab " Hijrah Nabi SAW beserta sahabat-sahabatnya ", pada Hadist No. 3898, dengan redaksi lafadz,  "  الأعمال بالنية  "، tanpa kalimat " ولكل امرئ ما نوى  ", serta mendahulukan kalimat "  الهجرة الى الدنيا  " daripada kalimat "  الهجرة الى الله   ".

5. كتاب النكاح، باب من هاجر أو عمل خيرا لتزويج امرأة فله ما نوى، الحديث رقم 5070، بلفظ '' العمل بالنية، وإنما لكل امرئ ما نوى'' كاملا.

(5). Kitab an-Nikah, Bab , "   من هاجر او عمل خيرا لتزويج امرأة فله ما نوى  ( Barang siapa berhijrah atau berbuat baik untuk menikahi seorang wanita, maka baginya ( menurut ) apa yang diniatkannya ), pada Hadist No. 5070, engan redaksi lafadz, "   العمل بالنية، وانما لكل امرئ ما نوى  " secara sempurna.

6. كتاب الأيمان والنذور، باب النية في الأيمان، الحديث رقم 6689، بلفظ ''إنما الأعمال بالنية، وإنما لامرئ ما نوى''، كاملا.

(6). Kitab al-Iman wa an-Nudzur, Bab, "  النية في الايمان ( niat dalam masalah Iman ), pada Hadist No. 6689, dengan redaksi lafadz, "   انما الأعمال بالنية، وإنما لامرئ ما نوى   ".

7. كتاب الحيل، باب في ترك الحيل، وأن لكل امرئ ما نوى في الأيمان وغيرها، الحديث رقم 6953، بلفظ '' يا أيها الناس إنما الأعمال بالنية، وإنما لامرئ ما نوى''، و'' ومن هاجر إلى دنيا'‘.كاملا.

(7). Kitab al-hiyal, Bab : "  في ترك الحيل ، وانما لكل امرئ ما نوى في الأيمان وغيرها  ( meninggalkan tipu daya، dan sesungguhnya setiap individu menurut apa yang diniatkannya ( baik ) dalam hal keimanan maupun lainnya ) ", pada Hadist No. 6953, dengan redaksi lafadz, "   يا ايها الناس انما الاعمال بالنية، وانما لامرئ ما نوى  " dan redaksi "  ومن هاجر الى الدنيا " secara sempurna.

8. وأورد البخاري جزءا منه معلقا في ترجمة الباب رقم 11من كتاب الطلاق، قال'' باب الطلاق في الإغلاق والكره والسكران والمجنون وأمرهما والغلط والنسيان في الطلاق والشرك وغيره، لقوله صلى الله عليه وسلم(الأعمال بالنية، ولكل امرئ ما نوى)''. قال الحافظ ابن حجر في الفتح(9/345):'' وحديث الأعمال بهذا اللفظ وصله المؤلف في كتاب الإيمان أول الكتاب، ووصله بألفاظ أخرى في أماكن أخرى''.

(8). Imam Al-Bukhori menyusun satu juz hadist yang berkaitan dengan pembahasan satu bab No. 11 dari kitab Thalaq, berkata Imam Bukhori, "    باب الطلاق في الاغلاق والكره والسكران والمجنون وامرهما والغلط والنسيان في الطلاق والشرك وغيره   "،  terhadap sabda Nabi SAW , "  الاعمال بالنية ولكل امرئ ما نوى  "،   al-Hafidz Imam Ibnu Hajar berkata dalam kitab Fathul Bari, juz 9, Hal. 345 berkata : " Dan hadist tentang a'mal dengan redaksi seperti ini, penyusun ( bermaksud ) mengkaitkannya dengan pembahasan Iman diawal pembahasan kitab, serta mengkaitkannya dengan lafadz-lafadz yang lain pada tempat-tempat ( pembahasan ) yang lain pula.

9. واخرجه الإمام مسلم في صحيحه في كتاب الإمارة، باب قوله صلى الله عليه وسلم إنما الأعمال بالنيات، وأنه يدخل فيه الغزو وغيره من الأعمال، الحديث رقم 1907، بلفظ''إنما الأعمال بالنية، وإنما لامرئ ما نوى''.

(9). Imam Muslim meriwayatkan hadist dalam Sohihnya, pada kitab al-Imaroh, pada bab perkataan Nabi SAW ,"  انما الأعمال بالنية، وانه يدخل فيه الغزو وغيره من الاعمال   ". Hadist No. 1907, dengan redaksi, "  انما الاعمال بالنية، وانما لامرئ ما نوى   ".

10. واخرجه الإمام أبو داوود في سننه في كتاب الطلاق، باب فيما عني به الطلاق والنيات فيه، الحديث رقم 2201، بلفظ '' إنما الأعمال بالنيات، وإنما لكل امرئ ما نوى''،( وهو في معالم السنن للخطابي برقم 1079 الجزء 3/ 210))

(10). Imam Abu Dawud meriwayatkan hadist dalam Sunannya, pada kitab at-Tholaq, bab " Fiima 'anni bihi at-tholaq wa an-niyaat fihi ", Hadist No. 2201, dengan redaksi lafadz, "      انما الأعمال بالنية، وانما لكل امرئ ما نوى " , redaksi ini juga terdapat pada Kitab Ma'alim as Sunan nya Imam al Khotthobi, dengan No. 1079, Juz 3, Hal. 210.

11. واخرجه الإمام أبو عيسى الترمذي في سننه في كتاب فضائل الجهاد عن رسول الله صلى الله عليه وسلم، باب ما جاء فيمن يقاتل رياء وللدنيا، الحديث رقم 1647، بلفظ '' إنما الأعمال بالنية، وإنما لامرئ ما نوى''، وقال الترمذي: هذا حديث حسن صحيح، وروى مالك بن أنس وسفيان الثوري وغير واحد من الأئمة هذا عن يحي بن سعيد.

(11). Imam Abu Isa at-Tirmidzi meriwayatkan hadist dalam Sunannya pada Kitab Fadhoilul Jihad 'an Rosulillah shollallohu 'alaihi wasallam,bab  ما جاء فيمن يقاتل رياء وللدنيا، hadist No. 1647, dengan redaksi lafadz, "   انما الأعمال بالنية، وانما لإمرئ ما نوى   ". Berkata At-Tirmidzi
" Ini adalah hadist hasan shohih. Malik bin Anas dan Sofyan Ats-Tsauri dan tanpa satupun dari imam-imam ini ( meriwayatkan ) dari Yahya bin Sa'id.

12. واخرجه الإمام النسائي في السنن المجتبى في كتاب الطهارة، باب النية في الوضوء، الحديث رقم 57، بلفظ ‘‘إنما الأعمال بالنية، وإنما لامرئ ما نوى''.

(12). Imam An-Nasai meriwayatkan hadist dalam as-Sunan al-Mujtaba pada Kitab at-Thoharoh, bab Niat didalam wudhu', Hadist No. 57, dengan redaksi lafadz, "  إنما الأعمال بالنية، وانما لامرئ ما نوى   ".

13. كتاب الطلاق، باب الكلام إذا قصد به فيما يحتمل معناه، الحديث رقم 3434، بلفظ'' إنما الأعمال بالنية، وإنما لامرئ ما نوى''.

(13). Kitab at- Tholaq, bab " al-Kalamu idzaa qushida bihi fiimaa yahtamilu ma'naahu ", Hadist No. 3434, dengan redaksi lafadz, "   انما الأعمال بالنية وانما لأمرئ ما نوى  ".

14. كتاب الأيمان والنذور، باب النية في اليمين، الحديث رقم 3799، بلفظ'' الأعمال بالنية، وإنما لامرئ ما نوى''.

(14). Kitab al-Iman wa an-Nudzur, bab niat dalam sumpah, Hadist No. 3799, dengan redaksi lafadz , "   الاعمال بالنية، وانما لامرئ ما نوى    ".

15.واخرجه الإمام ابن ماجة في سننه في كتاب الزهد، باب النية، الحديث رقم 4227، بلفظ''إنما الأعمال بالنيات، ولكل امرئ ما نوى''.
وأخرجه الإمام أحمد في المسند في موضعين:

(15). Imam Ibnu Majah meriwayatkannya didalam Sunannya pada Kitab Az-Zuhd, bab niat, pada Hadist No. 4227, dengan lafadz, "     انما الاعمال بالنية ولكل امرئ ما نوى   ".

Dan Imam Ahmad meriwayatkannya pada 2 tempat, yaitu :

16. الجزء الأول ص 303، الحديث رقم 168، بلفظ'' إنما الأعمال بالنية، ولكل امرئ ما نوى''.

(16). Juz pertama, Hal. 303, Hadist No. 168, dengan redaksi lafadz, "  انما الاعمال بالنية، ولكل امرئ ما نوى   ".

17. الجزء الأول ص 393 الحديث رقم 300، بلفظ ''إنما العمل بالنية،وإنما لامرئ ما نوى''.

(17). ( juga pada ) Juz pertama, Hal. 393, Hadist No. 300, dengan redaksi lafadz, "   انما العمل بالنية، وانما لامرئ ما نوى    "

18.اخرجه الامام مالك في الموطأ(رواية محمد بن الحسن الشيباني)، الحديث رقم 983، بلفظ ''إنما الأعمال بالنية،وإنما لكل امرئ ما نوى''. وينبغي الإشارة إلى أن بعض أهل العلم بالحديث قالوا إن الإمام مالك لم يخرجه، كالحافظ ابن حجر في الفتح وفي التلخيص الحبير، حيث قال في الفتح(1/11-12): (ثم إن هذا الحديث متفق على صحته، أخرجه الأئمة المشهورون إلا الموطأ، ووهم من زعم أنه في الموطأ مغترا بتخريج الشيخين له والنسائي من طريق مالك.) 
وهذه صورة للحديث من نسخة الموطأ برواية محمد بن الحسن الشيباني بتحقيق السيد عبد الوهاب عبد اللطيف ص 312، طبعة لجنة إحياء التراث ، وزارة الأوقاف المصرية:

(18). Imam Malik meriwayatkannya dalam kitab Al-Muwattho' ( riwayat Muhammad ibn Al Hasan Asy-Syaibani ) Hadist No. 983, dengan redaksi lafadz, "    انما الأعمال بالنية، وانما لكل امرئ ما نوى   ".  Dan semestinya ini memberikan petunjuk kepada sebagian ahli ilmu dalam bidang hadist yang berkata bahwa Imam Malik tidak meriwayatkannya, seperti Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam kitab Al-Fath, kitab Talkhisul Habir, sebagaimana ia telah berkata dalam kitabnya al-Fath ( Fathul Baari, Juz 1, Hal. 11-12. ), " Sesungguhnya hadist ini disepakati kesohihannya, imam-imam ( ahli hadist ) yang mashur meriwayatkan hadist ini kecuali Al-Muwattho, dan persangkaan orang yang menduga bahwa hadist ini terdapat dalam kitab Al-Muwattho adalah tertipu, dengan takhrij Imam al-Bukhori dan Imam Muslim pada kitab tersebut dan takhrij Imam an-Nasai dari jalur periwayatan Malik. Dan ini adalah bentuk pada hadist dari salinan Al-Muwattho melalui riwayat Muhammad ibn Al Hasan Asy-Syaibani dengan tahqiq As Sayyid Abdul Wahab abdul Lathif, Hal. 312, cetakan Lajnah Ihya' at Turots, kementrian perwakafan Mesir.

Wallohu a'lam bis showab.
——————
Sidoarjo, Jum'at 1 Mei 2015.

Danny Ma'shoum dan akhi fillah Nurul Huda Al-Junaidi ( Jambi ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar