Rabu, 20 November 2019

KALAM HUKAMA

Terjemah Kalam Hikmah (1)
______________________________

Alih Bahasa: Danny Himawan Ma'shum.

يجوز الربا فى الحب، فمن أعطاك حبا رده ضعفين. (الشمس تبريزى).

"Perbuatan riba hanya boleh dalam cinta, maka apabila seseorang memberimu cinta, wajib bagimu mengembalikan dua kali lipatnya." (Asy-Syams Tabrizi).

لا تخش الموت بل أخش الحياة بلا حياة. (الشمس تبريزى).

"Jangan kau takutkan kematian, tetapi takutlah hidup tanpa kehidupan." (Asy-Syams Tabrizi).

كتمان الأسرار من جواهر الأخلاق فالكأس المكسور لا يحفظ ماء ولا يسقي ظمأنا فلا خير في من يسرب الأسرار ويهتك الأستار

"Menyembunyikan rahasia merupakan perhiasan akhlaq. Cawan yang pecah tidak akan bisa menahan air, dan tidak pula dapat menyirami dahaga kita. Maka tidak ada gunanya membocorkan rahasia serta melenyapkan tirai pelindung."

الأواني الفارغة تحدث ضجة أكثر من الأواني الممتلئة وكذلك البشر لا يحدث ضجة إلا ذو العقول الفارغة، فلا تضيع وقتك بمجادلة معهم

"Wadah yang kosong lebih banyak menimbulkan suara bising dari pada wadah yang penuh. Begitupun manusia, (ia) tidak akan banyak bicara kecuali yang akalnya kosong. Maka jangan sia-siakan waktumu hanya untuk berdebat dengan mereka."

ينكسر الزجاج فينتهى الصوت بسرعة وتبقى قطع الزجاج وجرح من يلمسها كذلك الكلام الجارح ينتهى ويبقى القلب يتألم طويلا.

"Pada sebuah kaca yang pecah maka dentingan suaranya berakhir dengan begitu cepat, dan yang tersisa hanyalah serpihan pecahan kaca yang melukai setiap orang yang menyentuhnya. Begitupun akhir dari suatu perkataan yang melukai, maka yang tersisa hanyalah sebuah hati yang merasakan sakit dalam waktu yang cukup lama."

من وهب نفسه للدنيا لن تعطيه الدنيا إلا قطعة ارض يدفن فيها ومن وهب نفسه لله سيعطيه الله جنة عرضها السموات والأرض. نسأل الله رضاه والجنة.

"Siapa pun yang menyerahkan dirinya kepada dunia, maka dunia tidak akan memberinya kecuali sebidang tanah yang (ia akan) dikubur di dalamnya. Dan siapa pun yang menyerahkan dirinya kepada Allah, maka Allah akan memberinya surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Maka mintalah kepada Allah akan ridho-Nya dan surga."

يأتى البعض لحياتك كنعمة ويأتى البعض لحياتك كدرس. فحافظ على النعمة وتعلم من الدرس.

"Beberapa hal datang dalam kehidupanmu sebagai bentuk keberkahan atas suatu nikmat, dan beberapa hal (yang lain) datang dalam kehidupanmu sebagai bentuk pelajaran. Maka pertahankanlah nikmat, dan belajarlah dari sebuah pelajaran (yang diberikan oleh Allah)."

لا تفسد فرحتك بالقلق، ولا تفسد عقلك بالتشاؤم، ولا تفسد نجاحك بالغرور، ولا تفسد تفاؤل الأخرين بإحباطهم، ولا تفسد يومك بالنظر الى الأمس.

"Jangan merusak kesenanganmu dengan kecemasan, juga jangan merusak pikiranmu dengan pesimisme, jangan pula merusak kesuksesanmu dengan kesombongan, serta jangan merusak optimisme orang lain dengan membuat mereka frustrasi, dan jangan pula merusak harimu yang sekarang dengan mengingat hari kemarin."

إعلم بأن أجمل العطور ليس ما تضعه على جسدك، وملابسك. بل ما تضعه على لسانك ويشعر به الأخرون. عطر الكلمه الطيبة.

"Ketahuilah bahwa wewangian yang paling indah bukanlah yang kamu kenakan di tubuhmu, dan bukan pula pada pakaianmu. Melainkan apa yang kamu letakkan di lidahmu dan yang dirasakan oleh orang lain. Maka berilah keharuman lidahmu dengan (mengucapkan) perkataan yang baik."

إذا فشلت فى رفع أحد لمستوى أخلاقك فلا تدعه ينجح فى إنزالك لمستوى أخلاقه.

"Jika kamu gagal menaikkan seseorang pada satu tingkat moralitas yang kamu inginkan, maka jangan biarkan dia berhasil membawamu pada level moralitasnya. (Maksudnya, apabila kamu tidak sanggup mengajak seseorang menjadi lebih baik akhlaknya, maka jangan biarkan ia sampai berhasil menjadikanmu berakhlak seperti akhlaknya)."

لا شيئ في الطبيعة يعيش لنفسه، النهر لا يشرب ماءه، والأشجار لا تأكل ثمارها، والشمس لا تشرق لذاتها، والزهرة لا تعبق لنفسها، فلنعيش لبعضنا، هذا هو قانون الطبيعة، فكونوا عونا لبعض ولا تكونوا سببا لتعاسة بعضكم لبعض.

"Tidak ada suatu apapun dalam tabiat alaminya hidup untuk dirinya sendiri. Sebuah sungai tidak meminum airnya sendiri, pepohonan tak akan memakan buahnya sendiri, matahari pun tak bersinar untuk dirinya sendiri, keharuman bunga pun tidak untuk dirinya sendiri. Maka dari itu mari kita hidup untuk satu sama lain, ini adalah hukum alam. Jadilah saling membantu, dan jangan menjadi penyebab ketidakbahagiaan satu sama lain."

إن العبد ليتعلم في ساعات البلاء ما لا يتعلمه في سنين العافية.

"Sesungguhnya seorang hamba hendaknya belajar di saat-saat kesusahan (yang sedang menimpanya), apa yang tidak dia pelajari di tahun-tahun kesehatan."

لا تكن اليوم من الشامتين، فتصبح غدا من المبتلين، يقول حسن البصرى : ادركت أقواما لم تكن لهم عيوب فتكلموا في عيوب الناس فأحدث الله لهم عيوبا وادركت أقواما كانت لهم عيوب فسكتوا عن عيوب الناس فستر الله عيوبهم لشأنك لا تذكر به عورة أمرئ، فكلك عورات وللناس أعين.

"Janganlah hari ini kamu menjadi orang yang senang dengan penderitaan orang lain, (jika demikian) maka besok kamu akan menjadi salah satu orang yang menderita. Maka berkata Hasan al-Bashri: "Saya menjumpai orang-orang (yang merasa) tidak memiliki kekurangan berbicara tentang kekurangan orang lain, maka Allah yang menyebabkan mereka menjadi orang-orang yang cacat (dalam pandangan-Nya), dan aku menjumpai orang-orang yang memiliki kekurangan (aib), kemudian mereka telah membungkam dirinya dari membicarakan kekurangan orang lain. Maka Allah menutup aib mereka. Teruntuk keadaan dirimu, jangan menyebut aib cacat seseorang, oleh karena setiap dari kamu memiliki cacat, dan bagi orang lain pun punya mata (untuk melihat cacatmu)."

صمتك في وجه المسىء حكمة وليس ضعف او سلبية، بعضهم يريد ان يستفزك وصمتك يقتله.

"Diammu di hadapan orang yang menghinamu adalah sebuah kebijaksanaan, bukan merupakan suatu kelemahan atau negativitas. Beberapa orang ingin memprovokasimu (agar membalas hinaan), namun diammu telah berhasil membunuhnya (menggagalkan provokasi mereka)."

العاقل إذا أخطأ تأسف، والأحمق إذا أخطأ تفلسف. (الإمام الشافعى).

"Orang bijak apabila membuat suatu kesalahan maka ia akan menyesal, sedangkan orang bodoh jika berbuat suatu kesalahan maka ia akan berfilsafat (berdalih)." (Al-Imam Asy-Syafi'i ra).

قد تأتيك النعمة فقط لأنك تمنيتها لغيرك.

"Ni'mat karunia mungkin datang kepadamu hanya karena kamu menginginkannya kepada orang lain."

السير إلى الله سير قلوب لا سير أبدان فتفقد قلبك.

"Perjalanan menuju Allah adalah perjalanan hati, bukan perjalanan tubuh, (karena jika kamu berjalan menuju Allah dengan tubuhmu) maka kamu akan kehilangan hatimu."

من أتقن الصبر لا تكسره الحياة، ومن عرف قيمة الحب، تهون عليه التضحيات. ومن تقاسم السعادة مع الأخرين، أحس بقيمة الإنسانية.

"Siapa yang telah menguasai kesabaran maka ia tidak akan menghancurkan hidupnya, dan siapa pun yang mengetahui nilai cinta, maka tidak akan meremehkan sebuah pengorbanan. Dan siapapun yang berbagi kebahagiaan dengan orang lain, maka dialah orang yang paling merasakan nilai sebuah kemanusiaan."

البكاء في الداخل أشد قسوة وألما من بكاء العين، فكثير من الأشخاص تبكى قلوبهم فى صمت وعيونهم هادئه.

"Menangis dalam hati jauh lebih keras dan lebih menyakitkan daripada menangisnya mata, maka betapa banyak orang yang menangis dalam hatinya namun mata mereka diam (tanpa air mata)."

تظاهر أنك دائما بخير مهما كان انهيارك من الداخل فالكتمان أجمل بكثير من أن تتسول شفقة الأخرين عليك.

"Berpura-puralah bahwa kamu selalu baik-baik saja, tidak peduli bagaimana kamu jatuh terpuruk dari dalam, merahasiakannya adalah jauh lebih indah daripada engkau memohon belas kasihan orang lain."

كن فى حياتك مثل الرقم واحد في جدول الضرب مهما قابل أرقام كبيرة أو صغيرة لا يعطى أحد من حجمه.

"Jadilah kamu didalam kehidupanmu seperti halnya angka satu dalam tabel perkalian, tidak peduli seberapa besar atau kecil angka (yang dikalikan) itu tetap tidak akan memberikan ukuran apa pun kepada siapa pun."

كراهيتك لشخص تحافظ عليه في قلبك يمكن أن يكون أيضًا محفزًا لكراهية الله لك. (سرقوب).

"Kebenciamu pada seseorang yang terus kamu simpan dalam hatimu bisa pula menjadi pemicu sebab bencinya Allah kepadamu." (Ibnu Ma'shum).

فكر فيما "عندك" وليس فيما "ليس عندك". فإنما عندك من كرم الله وما ليس عندك من حكمة الله".
"Berpikirlah tentang apa yang ada disisimu (apa yang kamu punya), dan jangan (berpikir) tentang apa yang tidak ada disisimu (yang tidak kamu miliki). Karena sesungguhnya apa yang kamu punya/miliki adalah kemurahan Allah (yang diberikan untukmu), dan apa yang tidak ada padamu adalah kebijaksanaan Allah (yang diberikan terhadapmu)."

الصمت هو بداية إغتراب بين العاشقين

"Diam adalah awal keterasingan di antara sepasang kekasih."

لا تجعل قلبك مثل النهار يشرب منه من يشاء، إجعل قلبك مثل البحر لا يشرب منه إلا الغارق فيه

"Hatimu jangan kamu jadikan layaknya sungai, yang seorang bisa seenaknya meminum air (mu). Tapi jadikan hatimu layaknya lautan, yang tidak seorangpun bisa meminum airnya kecuali yang tenggelam didalamnya."

عجبا لهذا الزمان
تفرح ولا تجد من يهنيك
تحزن ولا تجد من يواسيك
تبكى ولا تجد من يمسح دمع عينيك
ولكن أغلط وسوف تجد الكل ينظر إليك

"Keanehan zaman ini
(Disaat)Kamu bergembira, kamu tak menemukan seorang pun yang peduli padamu.
(Disaat)Kamu bersedih, kamu tak menemukan seorang pun yang memberimu kenyamanan.
(Disaat)Kamu menangis, kamu tak menemukan seorang pun yang mau menyeka air matamu.

Parahnya lagi, justru yang kamu temukan adalah mereka semua hanya melihatmu saja."

عند ما تتصدق على فقير لا تظن أنك قد مثلت دور الكريم مع المحتاج بل أنت محتاج يعطى المحتاج حاجته عندك وحاجتك عند الله..

"Ketika kamu memberikan amal sedekah kepada orang miskin, kamu jangan mengira bahwa kamu telah memainkan peran orang yang layak memberi dengan orang yang membutuhkan, akan tetapi (peran kamu sesungguhnya adalah) kamu adalah orang yang butuh sedang memberi kepada yang membutuhkan. Orang yang butuh bantuanmu menyandarkan hajatnya kepadamu, akan halnya kamu (sedang) menyandarkan hajatmu kepada Allah,"

سىئل حكيم: لماذا خلقت حواء من ضلع ادم، فأجاب: لم تخلق حواء من رأس أدم لتراسه، لم تخلق من قدمه لتكون جاريه له، بل خلقت من ضلعه لتكون بجانبه, ومن تحت كتفه لتكون بحمايته, ومن جهة قلبه لتكون محبوبته.

"Seorang arif nan bijak ditanya; "Mengapa Hawwa diciptakan dari tulang rusuk Adam as?". Maka dijawab oleh si bijak: "Hawwa tidak diciptakan dari kepala Adam agar tidak menjadi atasannya, Hawwa tidak diciptakan dari telapak kakinya Adam agar tidak menjadi tetangganya, tetapi Hawwa diciptakan dari tulang rusuknya Adam agar supaya berada di sampingnya (selalu mendampinginya), dan diciptakannya Hawwa dari bawah bahunya Adam agar menjadi tempat berlindungnya, dan Hawwa diciptakan dari hatinya agar menjadi kekasihnya."

يقول الإمام على إبن أبى طالب: إذا دمعت عين أنثى بسبب ظلم رجل لعن الملائكة في كل خطوة يخطيها.

"Berkata Sayyidina 'Aly ibni Abi Tholib ra: "Ketika menetes air mata seorang wanita yang disebabkan dzholimnya seorang lelaki, maka malaikat melaknat (laki² tersebut) pada tiap langkah kaki yang dilalui wanita tersebut."

لا يتألم إلا من كان وفيا أكثر من اللازم، تمنيت أن أعيش حياتى كما تريد نفسى ولكن... عاشت نفسى كما تريد زماني، فمن أراد سيفعل المستحيل ليكسب قربك.

"Tidak akan memberi rasa sakit yang lebih dari biasanya selain orang yang terlalu setia. Saya ingin menjalani hidup saya seperti yang saya inginkan, tetapi ... aku hidup seperti yang diinginkan zamanku. Siapa pun yang menginginkannya akan melakukan hal yang mustahil untuk mendapatkan kedekatanmu."

لا يسأم العرب من ثلاث: أكل اللحم، وركوب اللحم، وحكّ اللحم على اللحم. (عمرو بن بحر، المعروف بالجاحظ أديب العباسي).

"Orang Arab tidak ada bosen-bosennya dari 3 hal: "(1). Makan daging. (2). Menaiki daging (naik kuda, onta). (3). Menggosokkan daging pada daging (bersetubuh)."

_('Amr bin Bahr, lebih terkenal dengan panggilan al-Jahidz, penulis kenamaan dinasti Abbasiyyah)._

سئل الجاحظ عن صفات الإنسان العاقل. فقال: هو يعلم متى يتكلم، وكيف يتكلم، ومع من يتكلم.

"Al-Jahidz ditanya tentang kualitas orang yang berakal. Maka dia berkata: "(ialah) Dia yang tahu kapan harus berbicara, bagaimana cara berbicara, dan dengan siapa ia berbicara."

لماذا الظلمات جمع والنور مفرد؟ يقول إبن القيم: "هذا من إعجاز القرآن لأن طريق الحق واحد وطرق الباطل متعددة.

"Mengapa lafadz "Adz-Dzulumat (kegelapan)" itu jamak, sedangkan lafadz "an-Nur (cahaya)" itu tunggal. Maka menjawab Ibnul Qoyyim: "Ini adalah salah satu bagian dari I'jaz al-Qur'an (keajaiban bahasa al-Qur'an), karena sesungguhnya jalan kebenaran itu cuma satu, sedangkan jalan kebathilan itu banyak macamnya."

Catatan:
_lihat pada surat al-Baqarah juz 3, ayat 257_


إذا تخلى الناس عنك في كرب، فاعلم أن الله يريد أن يتولى أمرك وكفى بالله وكيلا. (الإمام الشافعى).

"Jika orang-orang meninggalkanmu disaat kamu dalam kesulitan. Maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah hendak mengambil alih urusanmu (untuk menemanimu). Dan cukuplah Allah sebagai pendampingmu." (Al-Imam Asy-Syafi'i).

ذو العقل يشقى في النعيم بعقله، وأخو الجهالة في الشقاوة ينعم.

"Orang yang berakal didalam kenikmatan merasakan penderitaan dengan akalnya. Sedangkan sahabat kebodohan menjadikan penderitaan sebagai kenikmatan." (Al-Mutanabbi).

الطيبون شموع تحرق نفسها لتضيء عتمة الأخرين، لكن سرعان ما ينسى معروفها ولن يعرف قدرها حتى تنطفئ.

"(Orang yang baik ibarat) Lilin yang membakar diri untuk menerangi kegelapan orang lain, tetapi (orang yang mendapat cahayanya) dengan segera lupa siapa yang dikenalnya (yang memberinya cahaya) dan tidak akan tahu nilainya sampai padam apinya."

علامات الجاهل ثلاثة: العجب، وكثرة النطق ما لا يعنيه، وأن ينهى عن شيئ ويأتيه. (أبو الدرداء رضي الله عنه).

"Tanda-tanda orang bodoh itu ada 3: (1). Mudah takjub (nggumunan), (2). Banyak bicara tentang hal² yang tidak bermanfaat, (3). Melarang melakukan sesuatu tapi ia sendiri melakukannya." (Abu Darda' ra).

كن ممتنا لكل ما يمر بحياتك، لأن كل ما يمر بك يحمل إشارة من الله إليك. (جلال الدين الرومى).

"Bersyukurlah atas segala yang terjadi didalam hidupmu, karena segala sesuatu yang melewatimu membawa sinyal dari Allah untukmu." (Jalal ad-Din ar-Rumi).

إذا كان من حولك لا يخجل خطيئه، فلا تخجل انت من صوابك.

"Jika orang-orang di sekitarmu tidak malu akan dosanya, Maka jangan malu akan kebenaranmu."


فالوجد باق، والوصال مماطلى، والصبر فان، واللقاء مسوفى. (عمر إبن الفارض).

"Perasaan cinta tetap abadi, dan terus menerus tertunda. Kesabaran akan musnah, dan perjumpaan akan selalu dinantikan." (Umar Ibnul Faridh).

سألته كيف يمكن لقلبى ان يتسع لكل هذا الألم، فأجابنى أنظر لعينيك كم هي صغيرة ولكنها ترى الكون.

"Saya bertanya kepadanya bagaimana hati saya dapat mengatasi semua rasa sakit ini. Dia menjawab; "Lihatlah kedua mata Anda betapa kecilnya ia, tetapi Anda (sanggup dengan keduanya) melihat alam semesta."

مؤلم عندما يقول لك الناس: كن قويا وليس لديهم أى فكره عن صعوبة ما تمره.

"Menyakitkan sekali rasanya ketika seseorang memberi tahu mu: "Kuatkan dirimu". Sedangkan mereka tidak tahu betapa sulitnya itu."

سألوا حكيم: لماذا لا تنتقم ممن يسيؤن إليك؟ فرد ضاحكا: وهل من الحكمة أن أعض كلبا عضنى.

"Mereka bertanya kepada Si Bijak: Mengapa kamu tidak membalaskan dendam mereka yang melecehkanmu?  Si Bijak tertawa sendiri: "Apakah bijaksana menggigit balik seekor anjing yang telah menggigitku." 

إذا أردت أن تعرف كيف يتحدث عنك الناس فى غيابك، اسمعهم كيف يتحدثون عن الأخرين فى حضورك.

"Jika kamu ingin tahu bagaimana orang berbicara tentang-mu disaat kamu tidak ada, maka dengarkan bagaimana mereka berbicara tentang orang lain di hadapanmu."

الحياة ستستمر سواء ضحكت ام بكيت، لا تحمل نفسك هموما لن تستفيد منها "القلق لا يمنع ألم الغد ولكنه يسرق متعة اليوم."

"Hidup akan terus berlanjut baik kamu tertawa ataupun menangis, jangan membawa dirimu sendiri kedalam kekhawatiran, karena itu pasti tidak akan bermanfaat bagi mereka. Kecemasan tidak mencegah rasa sakit di hari esok, tetapi mencuri kesenangan hari itu."

الطيبة ليست غباء كما يظن البعض، ولكن الطيبة نعمة فقدها الأغبياء.

"Kebaikan bukanlah kebodohan seperti yang dipikirkan beberapa orang, tetapi kebaikan adalah suatu berkah yang hilang dari para idiot (orang² tolol)."

الحياة ما هي إلا قصة قصيرة، من تراب، على تراب، إلى تراب ثم الحساب، فثواب أم عقاب.

"Hidup hanyalah cerita pendek, dari debu, menuju debu, kembali menjadi debu dan kemudian perhitungan, maka endingnya mendapat penghargaan ataukah malah hukuman."

قال الإمام على إبن أبى طالب: الأدب لا يباع ولا يشتري، بل هو طابع فى قلب كل من تربي. فليس الفقير من فقد الذهب وإنما الفقير من فقد الأخلاق والأدب.

"Berkata Sayyidina Aly ibn Abi Tholib: "Adab bukanlah suatu hal yang dapat diperjual belikan, akan tetapi ia merupakan karakter dalam hati tiap² orang yang terdidik. Bukanlah orang fakir itu orang yang tidak mempunyai emas, melainkan sesungguhnya orang fakir itu adalah ia yang miskin akhlaq dan adab."

*معادلة الخوارزمى الرائعة*
سئل الخوارزمى عالم الرياضيات عن الإنسان فأجاب: إذا كان الإنسان ذا أخلاق فهو = 1
وإذا كان الإنسان ذا جمال فأضيف الى الواحد صفرا = 10
وإذا كان ذا مال أيضا فأضيف صفرا أخر = 100
وإذا كان ذا حسب و نسب فأضيف صفرا أخر = 1000
فإذا ذهب العدد واحد فهو الأخلاق ذهبت قيمة الإنسان وبقيت الصفار.

*Persamaan (dalam penjumlahan) Al Khawarizmi yang luar biasa*

"Al-Khawarizmi, seorang pakar matematika (dalam peradaban Islam), ditanya tentang manusia, dan dia menjawab: 
√. Jika seseorang memiliki moral/akhlaq, maka nilainya dia adalah = 1
√. Jika seorang itu juga memiliki ketampanan maka tambahkan angka nol = 10
√. Jika ia berharta, maka tambahkan lagi angka nol = 100
√. Jika ia mempunyai kehormatan dan nasab, maka tambahkan nol lagi = 1000
√. Jika nomor satu hilang, yaitu moral/akhlaq, maka hilanglah nilai orang tersebut (tidak berharga sama sekali) dan yang tersisa hanyalah kosong (0) belaka."

بعض الجرائم لا يعاقب عليها القانون ولكن تعاقب عليها الأيام واسألوا الذين ظلموا.

"Beberapa kejahatan tidak dihukum oleh hukum, akan tetapi dihukum pada hari-hari dimana mereka diminta sebagai pelaku kejahatan."

شكرا لمن غيروا مفاهيم حياتنا لمن علمونا أن لكل وفاء عذر، ولكل جزاء نكر، ولكل حنان قسوة، ولكل خد طيب ألف ضعفة..

"Terima kasih kepada mereka yang mengubah konsep hidup kita, teruntuk mereka yang telah mengajari kita bahwa setiap keikhlasan/loyalitas adalah sebuah alasan, dan setiap pembalasan adalah sesuatu yang mengerikan, dan setiap kelembutan itu adalah kebiadaban, dan setiap pipi adalah ribuan kali kebaikan."

عندما استوحش أدم الجنة، لم يخلق له الله الأصدقاء، ولا حيوانات، بل خلق الله له حواء، كائن جميل يكمل الروح والجسد، هكذا خلقنا المختلفون لنكمل بعضنا البعض.

"Ketika Adam diilhami oleh firdaus (surga), Allah tidak menciptakan teman untuknya, tidak juga binatang, tetapi Allah menciptakannya Hawwa' untuknya. Sebuah ciptaan yang indah untuk melengkapi jiwa dan tubuh. Maka seperti inilah Kami telah menciptakan perbedaan untuk saling melengkapi satu sama lain."

يصبح الحيوان خطيرا عندما يجوع، أما الإنسان فيصبح خطيرا عندما يشبع.

"Hewan itu menjadi berbahaya ketika kelaparan, dan akan halnya manusia menjadi berbahaya ketika kekenyangan."

لا يهمنى من يتكلم وراء ظهرى، يكفى أنه يخرس عندما يلمح قدمى.

"Aku tidak peduli kepada siapapun yang berbicara di belakangku. Cukuplah untuk membuatnya terdiam ketika telapak kakiku mulai menatapnya (arep nendang/nungkak)."

قد يجرحنى كلام سفيه من السفهاء ولكن أتذكر دائما ان الصواعق لا تضرب إلا القمم.

"Terkadang aku begitu terluka oleh kata-kata bodoh dari orang-orang yang bodoh. Akan tetapi aku selalu ingat bahwa kilat hanya menyerang tempat yang tinggi."

ستذوب الوجود الجميلة في تراب الدنيا ولكن ستبقي الأفعال الجميلة ترسم وجها أجمل في الجنة، الحياة قصيرة جدا لا تستحق حقدا ولا حسدا ولا نفاق غدا سنكون ذكرى فقط ابتسموا وسامحوا من أساء إليكم فالجنة تحتاج قلوبا نقيه.

"Bentuk rupa yang begitu menawan akan melebur dalam debu dunia, tetapi perbuatan yang begitu menawan akan melukiskan wajah cantik di surga. Hidup yang terlalu singkat tidak pantas untuk dibenci, tidak pula perlu untuk di iri, atau menjadi munafik di esok hari. Kita hanya akan mengingat, hanya tersenyum, dan memaafkan mereka yang menyinggung perasaanmu. Karena surga hanya membutuhkan hati yang murni."

إذا أبصرت العين الشهوة، عمى القلب عن العواقب.
"Apabila mata telah memandang dengan syahwat, maka buta-lah hati dari akibat."

لا خير فى ود امرئ متملق حلو اللسان وقلبه يتلهب، يعطيك من طرف اللسان حلاوة ويروغ منك كما يروغ الثعلب.

"Tiada kebaikan sama sekali kasih sayang seseorang yang menyanjung(mu) dengan kata-kata manis sedangkan hatinya meradang. Kamu hanya diberi rasa manis dari ujung lidahnya saja, sedangkan ia hendak menipumu sebagaimana tipu daya seekor srigala."

كثيرون يتساقطون من أعيننا عندما نتعمق بتفاصيلهم، ومن تجربة عمرى تعلمت أن المنافق مهما نفعته يضرك.

"Banyak sekali orang yang berjatuhan dalam pandangan kami manakala kami semakin jauh mempelajari profil mereka dengan detail. Dan sebagian dari pengalaman hidupku aku dapat belajar bahwa sesungguhnya orang munafiq itu bagaimanapun kamu perlakukan dengan baik tetap dia akan membahayakanmu."

دائما الحاسد يراك مغرورا، والمحب يراك رائعا، والناقص ينتقدك وينسى نفسه.

"Selamanya orang hasud melihatmu sebagai orang yang terperdaya, orang yang mencintaimu melihatmu sebagai sosok yang sempurna, sedangkan orang yang minus (tidak sempurna akalnya) selalu mencari-cari (aib)mu dan melupakan aibnya sendiri."

الدنيا مسرح كبير أسوأ ما فيه أشخاص يمثلون الإهتمام حين يريدون شيئا منكم.

"Dunia adalah panggung sandiwara yang begitu besar, peran yang terburuk dari sebuah peran yang dimainkan ialah rasa peduli seseorang terhadapmu ketika ia hendak menginginkan sesuatu darimu."

لو كان الجزاء بقدر التعب، لنام الحمار على سرير من ذهب.

"Andaikan saja penghargaan itu ditentukan menurut tingkat kesulitan, maka pasti seekor keledai layak tidur diatas sutera bersulam emas." (Sebab didunia ini tidak ada binatang yang membawa beban melebihi berat tubuhnya selain keledai).

قال لى جدى: من يراك بعين التعالى، أنظر له بعين التجاهل. ومن يراك بعين التواضع، أنظر له بعين الإهتمام. امنح كل واحد حجمه لا أكثر ولا أقل.

"Kakek-ku berkata kepadaku: "Siapapun yang melihatmu dengan tatapan mata meremehkan, maka perhatikan dia dengan tatapan masa bodoh. Dan siapapun yang melihatmu dengan tatapan kerendahan hati, maka perhatikan ia dengan tatapan penuh penghormatan. Berikan penghargaan pada tiap-tiap orang sesuai porsi yang layak ia terima, tidak lebih dan tidak kurang."

لو كان ما يقال خلف ظهورنا صحيحا لقالوه أمامنا فمرحبا بحسنات لم نتعب لأجلها.

"Andaikan apa yang dikatakan dibelakang kami adalah benar, maka mereka akan (berani pula) mengatakannya didepan kami, Maka (aku ucapkan) selamat datang (kepada) segala kebaikan yang kami tidak perlu susah payah (mencari) karena nya."

حافظ نقائك فى زمن التلوث, ووفائك فى زمن الغدر، وأدبك فى زمن الوقاحة، وطيبتك فى زمن الخباثة، وصمتك فى زمن الثرثرة.

"Jagalah kesucianmu dizaman yang penuh noda ini. Jagalah kesetiaanmu dizaman yang penuh dengan penghianatan ini. Jagalah adabmu dizaman yang penuh dengan kekurang-ajaran ini. Dan jagalah perilaku baikmu dizaman yang penuh dengan perilaku-perilaku kotor ini. Serta jagalah diam-mu dizaman yang penuh gosip ini."

الوهم نصف الداء،
والأطمئنان نصف الدواء،
والصبر أول خطوات الشفاء.
_إبن سينا_

"Angan-angan adalah separuh dari penyakit.
Ketenangan adalah separuh dari obat.
Dan kesabaran adalah langkah-langkah awal dari (proses) penyembuhan." _Ibnu Sina (Averos)_

إثنان أهل الأرض ذو عقل بلا ديّن، وأخر ديّن لا عقل له. _ابو العلاء المعرى- شاعر و فيلسوف و أديب عربى_

"Ada dua macam penduduk di bumi ini. Pertama, mempunyai intelektualitas tapi tidak religius. Kedua, religius tapi tidak intelek sama sekali."  _(Abul 'Alla' al-Ma'ari, seorang penyair, filosof, dan sastrawan Arab)._

أظلم الناس لنفسه من يتقرب الى من يبعده، ويتواضع لمن لا يكرمه، ويقبل مدح من لا يعرفه. _أبو العباس عبد الله المأمون، شائع الخلفاء العباسيين_

"Sedzholim-dzholimnya manusia terhadap dirinya sendiri adalah dia yang berusaha mendekati seseorang yang berusaha menjauhinya, merendahkan diri kepada orang yang tidak memuliakannya, dan menerima sanjungan dari orang yang tidak dikenalnya." _Abul Abbas Abdulloh al Ma'mun, salah seorang Khalifah Bani Abbasiyah yang masyhur_

ثلاث تجلب للإنسان السعادة: التواضع، والعفو والصدقة.
التواضع لا يزيد عبد إلا رفعة.
العفو لا يزيد عبد إلا عزا.
والصدقة لا تزيد المال إلا كثرة.

"Ada tiga hal yang dapat menarik seseorang kepada kebahagiaan, yaitu Tawadhu', Memaafkan, dan Sedekah.
1). Tawadhu' tidak menambah pada diri seorang hamba kecuali ia bertambah luhur derajatnya.
2). Memaafkan tidak dapat menambah pada diri seorang hamba kecuali bertambah kemuliaannya.
3). Dan Sedekah tidak akan menjadikan harta menjadi berkurang kecuali semakin bertambah banyak."

فرعون وهو يغرق قال اغثنى يا موسى سبعون مرة ولم يغثه فأوحى الله لكليمه موسى: "يا موسى استغاث بك فرعون سبعون مرة ولم تغثه، وعزتى وجلالى لو استغاث بى مرة واحدة لوجدنى قريبا مجيبا". فقال احد الصالحين: "يا رب إذا كان هذا لطفك ورحمتك بمن قال (أنا ربكم الأعلى) فكيف سيكون لطفك ورحمتك بمن يسجد لك ويقول (سبحان ربى الأعلى). 

"Fir'aun, ia tenggelam dan memanggil Musa as "Tolonglah aku wahai Musa".. sebanyak 70 kali. Tapi Musa tidak mau memberikan pertolongan kepada Fir'aun. Maka Allah memberi wahyu kepada Musa Kalimulloh, "Wahai Musa, Fir'aun memanggilmu meminta pertolonganmu sampai 70 kali, tapi tak kamu hiraukan sama sekali. Maka demi Kemuliaan-Ku dan Keagungan-Ku, andaikan dia (Fir'aun) sekali saja meminta pertolongan-Ku maka akan ia dapati Aku yang paling dekat menyambut panggilannya."

(Dari kisah ini) Maka berkatalah salah seorang dari golongan orang-orang sholih, "Duhai Tuhanku, jika ini adalah kelembutan sifat-Mu dan kasih sayang-Mu terhadap orang (Fir'aun) yang mengatakan (mengaku) "Akulah Tuhan Yang Maha Tinggi". Maka bagaimana akan Engkau perlakukan dengan Kelembutan-Mu dan Kasih sayang-Mu terhadap orang yang mengatakan dalam sujudnya kepada-Mu, "Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi". 

ثلاثة إذا تكلموا أمامك إنصت لهم، لا تقاطعهم، لا تعقب بسوء: الوالدان، والطفل، والمهموم. لأن قلبهم هو الناطق. _الجاحظ_

"Ada 3 orang yang apabila mereka berbicara didepanmu maka perhatikan baik-baik, jangan kamu potong pembicaraannya, dan jangan menafsirkan jelek terhadap pembicaraannya:
1). Kedua orang tua.
2). Anak-anak.
3). Orang yang dirundung kesedihan. Karena sesungguhnya hati merekalah yang berbicara." _('Amr bin Bahr, lebih terkenal dengan panggilan al-Jahidz, penulis kenamaan dinasti Abbasiyyah)._


سئل الإمام الشافعى رحمه الله: "ما اعظم عمل يتقرب به العبد إلى الله". فبكى رحمه الله ثم قال: "أن ينظر الله إلى قلبك فيرى أنك لا تريد من الدنيا والأخرة إلا هو". اللهم ارزقنا هذا القلب.

"Al-Imam asy-Syafi'i rahimahulloh ditanya; "Apakah amalan yang lebih agung yang mana dengan amal itu seorang hamba dapat menjadi lebih dekat kepada Allah?". Maka menangislah beliau rahimahulloh, kemudian beliau berkata: "Hendaknya manakala Allah melihat kedalam hatimu, maka dilihatnya dalam hatimu engkau tidak menginginkan dunia maupun akherat, kecuali hanya menginginkan Dia semata."  Wahai Allah berilah kami hati yang seperti ini.

لا وقت عندى كى أجادل جاهلا او ان أعرض بالحسود وألمزه، روحى أعز علي من أشيائهم ولدي ما أسعى إليه لأنجزه.

"Saya tidak punya waktu untuk berdebat dengan orang bodoh atau sekedar menunjukkan kecemburuan dan sedikit perhatian. Jiwa saya sangat menyayangi saya daripada mereka, dan saya memiliki apa yang ingin saya capai."


عند ما ترى مئات الالاف يتابعون شخصية تافهة في موقع التواصل اجتماعى ويستخف بهم ويتفاعلون معه تدرك يقينا لماذا الدجال إذا جاء سوف يتبعه كثيرون.

"Ketika kamu melihat ratusan ribu orang mengikuti sosok sepele (tidak begitu penting, contoh: tukang gosip) di situs jejaring sosial dan memandang enteng mereka serta berinteraksi dengannya, tentunya kamu sadar mengapa Dajjal itu jika dia datang akan diikuti oleh banyak orang."

سيأتى عليكم زمان يكون فيه شيخكم آثم وعالمكم منافق وصغيركم لا يحترم الكبير وغنيكم لا يساعد الفقير. _على ابن أبى طالب_

"Akan tiba padamu suatu masa dimana gurumu seorang pendosa, orang alim-mu seorang munafiq, anak-anak kecil-mu tidak lagi memuliakan orang yang lebih tua, dan orang kaya-mu tidak mau membantu yang fakir." _Sayyidina Aly ibni Abi Tholib_

أقصر قصة حزينة. 
عندما ذهب إلى جهنم لم يجده اصحابه، فسألوا لهم فقال له فقد تابوا جميعا بعد وفاتك.

*Kisah sedih terpendek.*  

"Ketika dia pergi ke neraka jahannam ia tidak menemukan teman-temannya, ia bertanya tentang mereka dan dikatakan kepadanya, Mereka semua telah bertobat setelah kematianmu."

*Catatan:* Jangan pernah mengajak orang lain berbuat kejahatan bersamamu, karena kamu lah orang yang pertama kali suatu saat nanti yang jadi bahan pelajaran berharga bagi mereka untuk menyesali perbuatannya. _Sarkubers_


النقاش مع الجهلاء مثل الرسم على الماء مهكا أبدعت فلن يحدث شيئ.

"Diskusi dengan orang bebal/bodoh, seperti halnya menggambar di atas air, tidak peduli seberapa kreatifnya kamu, tetap tidak ada yang akan terjadi (tidak menghasilkan apa-apa)."

لا تصدقوا الكلام الحلو والجميل، خذوا الحقيقة من افواه المواقف وإنتهى.

"Jangan percaya kata-kata manis dan indah, ambil kebenaran dari posisi mulut (kata-kata terakhir yang terucap) maka selesai sudah."

خدمت الشجر فأثمر، وخدمت البشر فأنكر.

"Aku telah melayani pohon dan mereka menghasilkan buah, dan aku telah melayani manusia dan dia menyangkal."

الكلمات قد تكذب، لكن التصرفات دائما تقول الحقيقة. شكرا للمواقف تظهر لنا حقائق البشر.

"Kata-kata mungkin berbohong, tetapi tindakan selalu mengatakan yang sebenarnya. Terima kasih atas sikap yang menunjukkan kepada kita realitas manusia yang sebenarnya."

أطعم كلبا ثلاثة أيام وسيتذكرك لثلاث سنوات، أطعم إنسانا ثلاث سنوات وينساك فى ثلاثة أيام.
"Berilah makan seekor anjing tiga hari, maka ia akan mengingat-mu selama tiga tahun, dan berilah makan seorang selama tiga tahun, maka ia akan melupakan-mu dalam tiga hari saja."

القلق يعطى الشيئ الصغير ظلا كبيرا.

"Kecemasan memberikan suatu hal yang kecil tapi memiliki bayangan yang besar."

لا تضع كل من تقابلهم بالعين وفوق الرأس فتلك الأماكن قد تكون عالية على البعض منهم.

"Jangan letakkan semua orang yang anda temui dengan mata dan kepala, Tempat-tempat ini mungkin tinggi menurut beberapa orang dari mereka."

قال لى جدى يا بني: عجبت لبعض الناس يحبون الشخص الطيب ولكن لا يعطونه حقه، ولا يحبون الشخص السيئ لكنهم يحسبون له ألف حساب.

"Kakekku berkata kepadaku: "Wahai anakku sungguh aku heran pada beberapa orang yang mencintai orang baik tetapi tidak memberinya hak, dan tidak suka orang jahat tetapi mereka menghitungnya dengan seribu hitungan."


قال لى حكيم: العلاقات بين الناس كالبيوت بعضها يستحق الترميم البسيط وبعضها يستحق الهدم وإعادة البناء والبعض يجبرنا نكتب عليه للبيع.

"Seorang ahli hikmah berkata kepadaku: "Membangun hubungan antar sesama manusia itu seperti halnya rumah, beberapa orang diantaranya layak dipulihkan, beberapa lainnya layak dilakukan pembongkaran dan rekonstruksi, dan beberapa lainnya memaksa kita menulisnya untuk dijual."

اسمع ثم إبتسم ثم التجاهل، رحم الله امرء تغافل لاجل بقاء الودّ، نقاء القلب ليس عيبا، والتغافل ليس غباءا، والتسامح ليس ضعفا بل هي عبادة وتربية.

"Dengarkan, kemudian tersenyumlah, lalu abaikan/cuek saja, semoga Allah mengampuni seseorang yang mengabaikan kasih sayang, kemurnian hati bukanlah cacat, mengabaikan bukanlah suatu kebodohan, dan toleransi bukanlah sebuah kelemahan, tetapi itu merupakan bentuk ibadah dan pendidikan."

إذا كانت بصمة إصبعك تثبت هويتك "الشخصية" فبصمة لسانك تثبت حصاد تربيتك ورقي أخلاقك فاجعل من نفسك أثرا جميلا يطبع في نفوس البشر.

"Jika sidik jarimu membuktikan identitas "pribadi" mu, maka sidik jari lidahmu membuktikan pula hasil dari asuhan (penjagaan) dan etikamu. Maka jadikan dirimu sebuah jejak yang indah yang tercetak dalam hati manusia."

 
Ibnu Ma'shum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar