Rabu, 20 November 2019

KALAM HUKAMA

Terjemah Kalam Hikmah (2).
______________________________

Alih Bahasa: Danny Himawan Ma'shum.

الناس يحبون الحق بأقوالهم زيكرهونه بأفعالهم.

"Manusia itu (pada umumnya) menyukai kebenaran dengan ucapan mereka, tapi menentangnya dengan perbuatan mereka."

 بائع عسل يسأل بائع خل: ما بال الناس يشترون منك ويتركوننى؟ قال أنا أبيع الخل بلسان من عسل، وأنت تبيع العسل بلسان من خل.

"Penjual madu bertanya pada penjual cuka: "Mengapa orang mau membeli dari anda, dan mereka malah meninggalkan saya? Maka penjual cuka berkata, "Saya menjual cuka dengan lidah madu, sedangkan anda menjual madu dengan lidah cuka."

حملنا بعضهم على أكف الراحة لكن للأسف لدغونا شر لدغة.

"Kami membawa beberapa dari mereka di telapak peristirahatan (tempat yang nyaman), tetapi sayangnya mereka menggigit kami dengan sengatan yang menyakitkan."

قال الخشب للمسمار جرحتنى قال مسمار لو تعلم الضرب الذى فوق رأسى لعذرتنى دائما احسن النية مع الناس لأنك لا تعلم ظروفهم.

"Kayu berkata pada paku: "Kamu telah menyakitiku". Paku berkata, "Jika kamu tahu pukulan di atas kepalaku ini pastinya kamu menerima alasanku". Selalu-lah beritikad baik dengan orang karena kamu tidak tahu keadaan mereka yang sesungguhnya."

إذا رأيت الرجل يفضل إهانة المرأة، فتأكد أنه يخشى الرجال. وإذا رأيته يقدرها ويحسن إليها، فاعلم أن الرجال يخشونه.

"Jika anda melihat seorang lelaki yang lebih suka menghina wanita, maka pastikan bahwa dia takut pada sesama lelaki. Jika anda melihatnya menghargai dan memperlakukan wanita dengan baik, maka ketahuilah bahwa lelaki takut padanya."

المرأة الذكية هي التى تسرق عقل الرجال، ليست تسرق قلبه. لأن الرجل لديه الف قلب لكن بعقل واحد.

"Wanita yang cerdas adalah ia yang mencuri pikiran (akal) seorang pria, bukan yang mencuri hatinya. Karena seorang pria memiliki seribu hati tetapi satu pikiran."

أفضل عقاب للرجل الذى يهملك هو ان تتركيه وتعيشي حياتك بطولها وعرضها حرة وتسمحى له أن يشاهد فقط.

"Hukuman terbaik bagi seorang lelaki yang mengabaikanmu adalah dengan meninggalkannya, dan jalani hidupmu dengan leluasa yang memungkinkan dirinya hanya menonton saja."

كل شيئ يمكن شراؤه إلا النية الطيبة فهي تنبع من بىر سحرى داخل القلوب الطاهرة فقط.

"Segalanya bisa dibeli kecuali niat baik, sebab ia berasal dari sumur ajaib dalam hati yang murni saja."

فرح الحمار حين ربطوه في إسطبل الحصان فاكل في معلف الجواد ولبس سرجه ثم شاء أن يظهر فرحه فنهق فلم يصهل. (رحم الله امرء عرف قدر نفسه).

"Seekor keledai gembira ketika diikatkan di kandang kuda, dia makan di tempat makan kuda, (karena gembiranya) lalu ia mengenakan pelana dan kemudian dia ingin menunjukkan kegembiraannya, selanjutnya ia berusaha berlari dan itu tidak mudah baginya. (Semoga Allah mengasihi orang yang tahu kadar kemampuan dirinya sendiri)."

يخطئ القلب "لحظة" فيدفع ثمنها العقل "سنين".

"(Ketika) Hati membuat kesalahan sesaat, maka pikiran membayarnya selama bertahun-tahun."

لا نحتاج لسنوات كي نكتشف حقيقة أحدهم، فقد نحتاج لموقف. ثمة موقف يسقط كل الأقنعة.
"Kita tidak perlu bertahun-tahun untuk mencari tahu kebenaran tentang seseorang. (Karena suatu saat) Ada satu situasi yang akan menjatuhkan semua topeng (kepalsuan)."

قل ما شىت في مسبتي فسكوتي عن اللئيم جواب. لست عديم الجواب ولكن ما من اسد يرد على حديث الكلاب. 

"Katakan sesukamu apa yang kamu inginkan dalam caci-makimu terhadapku. Karena diamku dari orang rendahan adalah sebuah jawaban. Aku tidak perlu menjawab (membalas), akan tetapi (perlu kamu ketahui) tidak ada singa yang merespons gonggongan seekor anjing."

حكم تنفعك فى حياتك.
جاء شاب إلى حكيم فقال له: إن في نفسى ذئبان يتصارعان، أحدهما يدعوننى إلى الخير والأخر إلى الشر. فقال الحكيم: سينتصر الذى تطعمه".

*Hikmah Yang Bermanfaat Dalam Kehidupanmu*

"Seorang pemuda datang kepada seorang arif nan bijak, kemudian ia bertanya: "Didalam diriku ada 2 ekor srigala yang saling bertarung satu sama lain, salah satu dari keduanya mengajakku pada kebaikan, sedangkan yang lain mengajakku pada kejahatan". Maka si Bijak menjawab: "Yang kamu kasih makan (itulah)yang akan menang."

رسالة لك. إعلم جيدا إنك تعرضت لقصة في حياتك، لموقف لا يمكنك أن تنساه، لحديث لا يغيب عن ذهنك، لكن سأظل اقول لك: لا بد أن يأتي اليوم الجميل، وتنسى فيه كل ما سلف، إبتسم، لا تمضى وقتك في التفكير.

*Surat Untukmu*

"Ketahuilah dengan baik bahwa kamu telah memiliki sebuah kisah dalam hidupmu, sebuah situasi yang tidak dapat kamu lupakan begitu saja, teruntuk suatu percakapan yang tidak bisa hilang dari benakmu, tetapi saya akan terus memberi tahumu, "Bahwa pasti ada hari yang indah, dan lupakan semua yang disebutkan di atas, tersenyumlah, jangan habiskan waktumu hanya untuk berpikir."

حكمة. 
لا تقل المجتمع فاسد لا يمكن إصلاحه فانت المجتمع، وانت قادر على إصلاح نفسك إعمل على إصلاح نفسك اولا، وكن متيقنا بإصلاح نفسك تبدأ إستقامة المجتمع.

"HIKMAH. Jangan katakan masyarakat itu korup sehingga tidak dapat diperbaiki. Kamu adalah bagian dari komunitas (masyarakat itu sendiri), sedangkan kamu dapat memperbaiki diri. Maka bekerjalah untuk memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu, dan pastikan kamu telah dapat mereformasi dirimu, maka kamu bisa memulai meluruskan masyarakat."

يقول لقمان:
من حمل لا يطيق... عجز
ومن أعجب بنفسه... هلك
ومن تكبر... ذل
ومن لم يشاور... ندم
ومن جالس العلماء... علم
ومن قل كلامه دامت عافيته.

"Luqman al Hakim sang Bijak Bestari berkata:
√. Siapa yang memikul beban yang tidak sanggup ia bawa... Maka ia akan lemah.
√. Siapa yang kagum dengan dirinya sendiri... Maka akan musnah.
√. Siapa yang takabbur... Maka dihinakan.
√. Siapa yang tidak mau musyawarah... Maka akan menyesal.
√. Siapa yang duduk dalam majelis ulama... Maka akan mengerti.
√. Dan siapa yang sedikit omongannya, sejahterahlah selamanya."

لا تندم على نية صادقة منحتها ذات يوم لأحد لم يقدرها بل افتخر أنك كنت ومازلت إنسانا يحمل قلبا من ذهب.

"Kamu jangan menyesali niat tulus yang kamu berikan hari ini kepada siapa pun yang tidak menghargainya, tetapi yang membuat bangga adalah bahwa kamu masih tetaplah seorang yang berhati emas."

هي لا تدرى كيف اهتدت أنوثتها إليه. هو الذى بنظرة لا يخلع عنها عقلها ويلبسها شفتيه. كم كان يلزمها من الإيمان، كي تقاوم نظراته. كم كان يلزمه من الصمت كي لا تشي به الحرائق. 

"(Perempuan itu) Dia tidak tahu bagaimana sifat kewanitaannya dibimbing. Dia adalah orang yang tidak bisa melepas pikirannya dan tidak pernah berhenti memakai bibirnya. Betapa sangat dibutuhkannya (kekuatan) iman untuk menahan pandangannya. Betapa ia membutuhkan keheningan untuk menghindari kebakaran (amarah dalam hatinya)."

عبارة جميلة.
الموت ليس فراق سنتجمع في الأخرة بالتأكيد. الفراق هو أن يكون أحدنا في الجنة والآخر في النار. اللهم اجمعنا كل أحبابنا في الفردوس الأعلى.

*Perumpamaan Yang Indah*

"Kematian bukanlah sebuah perpisahan. Kita pasti akan berkumpul di akhirat. Perpisahan adalah apabila salah satu dari kita di surga, sedangkan yang lainnya di neraka." Wahai Allah kumpulkanlah semua orang-orang tersayang kami di Firdaus yang tinggi".

خاطرة أعجبتنى.
إذا أردت أن ترى الدنيا بعد موتك فانظر إليها بعد موت غيرك. فإذا تأملت كيف ينسى الأحباب احبابهم الموت فحينها ستكون على يقين بأن أحب احبابك سينساك بعد موتك او ستشغله الدنيا عنك. فاجعل حياتك كلها لله فهو الوحيد الذى لا ينسى، واحسن علاقتك مع الله فهو الوحيد الذى لا يفنى. (كلام مؤلم لكنه حقيقي).

*Sebuah Pemikiran Yang Membuatku Takjub*

"Jika kamu ingin melihat dunia setelah kematianmu, lihatlah setelah kematian orang lain. Jika kamu mempertimbangkan bagaimana orang yang dicintai melupakan kematian orang yang mereka cintai maka kamu akan yakin bahwa orang yang kamu cintai akan melupakanmu setelah kematianmu, atau dunia (yang kamu tinggalkan) menyibukkan mereka (sehingga lupa akan dirimu). Maka jadikan seluruh hidupmu hanya untuk Allah, Dialah satu-satunya yang tidak pernah lupa. Perbaikilah hubunganmu dengan Allah, karena hubungan baikmu dengan Allah adalah satu-satunya hubungan yang tidak akan pernah binasa." 

_(Kata-kata menyakitkan tapi nyata)._

إحفظ كرامتك ولا تكن ثقيلا على حياة احد حتى لو كان مؤلما بالنسبة لك.

"Pertahankan harga dirimu dan jangan terlalu membebani hidup siapa pun meskipun itu menyakitkan bagimu."

بعض البشر تتعجب من أفعالهم وتصرفاتهم معك ويحسسونك أنك أخطأت بحقهم، وعندما تفكر جيدا يكون خطأك الوحيد هو معرفتهم.

"Beberapa manusia (orang) mengagumi tindakan dan perilaku mereka bersamamu, dan mereka merasa bahwa kamu telah melakukan suatu kesalahan terhadap hak-hak mereka, dan ketika kamu berpikir dengan baik, maka satu-satunya kesalahan kamu adalah mengenal mereka."

هناك من يراقبك حبا، وهناك يراقبك فضولا وهناك من يراقبك حسدا وحقدا فالمراقبين أنواع. فيا رب إرزقهم ضعف ما يتمنون لنا.

"Ada orang-orang yang memperhatikanmu karena cinta, dan ada yang memperhatikanmu dengan rasa ingin tahu, serta ada juga yang melihatmu dengan perasaan iri dan benci sebatas tipe pengamat saja. Maka orang-orang yang memperhatikanmu itu banyak macamnya. Ya Tuhan, beri mereka dua kali lebih banyak dari yang mereka harapkan."

يقول احد الحكماء: كلام الناس أشبه بالتراب إذا لم يطير في الهواء فهو يداس بالأقدام عش عفويتك فالألسنة لم تصمت.

"Salah seorang ahli hikmah berkata; "Perkataan manusia itu serupa dengan debu, kalau tidak terbang keudara maka terinjak oleh telapak kaki. Maka hidupkan (ucapanmu) menurut kata hatimu, sebab lidah tidak pernah bisa diam."

لا تبرر كلماتك في كل مرة يساء فهمك فيها فالعقول "السيئة" لن تستوعب النية الحسنة والعقول "الصغيرة" لن تستوعب الكلمات العميقة.

"Jangan membenarkan kata-katamu setiap kali kamu disalah-pahami, sebab pikiran yang "buruk" tidak akan menyerap niat baik, sedangkan pikiran yang "kerdil" tidak akan menyerap kata-kata yang dalam."

لا تكن دائما واضحا مع الجميع فواضحك أحيانا يكون نقطة ضعف لديك، إحتفظ بكثير من الغموض كي تبقى أوراق قوة بين يديك.

"Selamanya jangan selalu kamu jelaskan (tentang dirimu) pada semua orang, karena terkadang penjelasanmu itu adalah satu titik kelemahanmu. Simpanlah misteri(mu) sebanyak-banyaknya, agar lembaran-lembaran kekuatan(mu) tetap berada di tanganmu."

حكمة أعجبتنى.
ما زال أمامك دروسا فى الحياة لم تتعلمها بعد ، اولها أن تضع كل إنسان فى حجمه الطبيعى.

"Kamu masih memiliki pelajaran dalam hidup yang belum sempat kamu pelajari. (Diantara) yang pertama adalah hendaknya kamu menempatkan setiap manusia dalam ukuran (pembawaan) alaminya."

حين يكون حب احدهم لك حقيقيا سوف ترى إهتمامه وشوقه . سوف يعمل دائما على توفير الوقت لك لا أعذار ، لا أكاذيب ، ولا إبتعاد.

"Ketika cinta seseorang terhadapmu telah menjadi nyata, maka kamu akan melihat minat dan kerinduannya. Itu semua akan selalu menghemat waktu-mu sehingga tidak ada alasan, tidak ada dusta, dan tidak ada jarak."

الشخص الذى يعلم أنك تنتظره ولا يأتى ، لا يستحق الإنتظار .

"Seseorang yang mengerti bahwa kamu selalu menunggu kehadirannya, sedangkan ia tidak datang. Maka ia tidak layak untuk dinanti."

إحفظ فى حياتك حكمتين.
الأولى: لا تحاول الوصول إلي إنسان لا يحاول الوصول إليك.
الثانية: لا تحارب العالِم من أجل إنسان لا يستطيع يحاربة كبريائه من أجلك.

"Jagalah dua hikmah dalam hidupmu.
PERTAMA: Jangan mencoba menjangkau seseorang yang tidak mencoba menghubungimu.
KEDUA: Jangan menentang (melawan) seorang 'alim demi (membela) seseorang yang tidak bisa melawan harga dirinya untukmu."

القلوب النقية لا يتوقف نبضها عن العطاء مهما حاول البعض كسرها . لأنها تعيش في مساحة لا يصل إليها إلا الأنقياء .

"Hati yang murni tidak akan menghentikan denyut nadi dari pemberian, tidak peduli berapa banyak orang mencoba untuk menghancurkannya. Karena ia tinggal di suatu wilayah di mana hanya yang murni saja yang ada."

لا تجعل همك حب الناس لك ، فالناس قلوبهم متقلبة قد تحبك اليوم وتكرهك غدا ، وليكن همك كيف يحبك رب الناس فإنه إن أحبَّك جعل أفئدة الناس تهواك .

"Jangan sampai menjadikan keprihatinanmu (berharap) supaya orang-orang cinta kepadamu. Manusia itu hatinya mudah berubah-ubah, mungkin saja hari ini (mereka) mencintaimu, namun esok hari berubah membencimu. Jadikan kekhawatiranmu hanya untuk memperoleh bagaimana agar Allah mencintaimu, jika Allah mencintaimu, maka Allah jadikan hati orang-orang itu mencintaimu."

حكمة رائعة جدا. قال جد لحفيده: لا تكثر من مديح من تحبه، ولا تماش من لم يطع ربه، لا تثرثر بالمجالس، ولا تسلم وأنت جالس، الصديق الذي تخلى عنك لا تسعى لقربه، ولا تتجبر الصادق لا يحلفه، لا تهون، ولا تتكبر، لا تلين، والواثق لا يبرر، لا تتجبر الصادق لا يحلف، والمخلص لا يندم، الكريم لا يمُنّ والمحب لا يمل. كن كما أنت ولا تكن كما يريد غيرك.

Seorang kakek berkata kepada cucunya: "Jangan banyak memuji orang yang kamu cintai, atau berjalan bersama orang yang tidak mematuhi Tuhannya. Jangan mengobrol didalam majelis (ilmu). Jangan mengucapkan salam sedangkan kamu dalam keadaan duduk. Seorang teman yang telah meninggalkanmu tidak dapat diharap kedekatannya. Jangan meremehkan, dan jangan menjadi sombong. Jangan terlalu lunak. Jangan memaksa tulus dan jangan (mudah) bersumpah. (Terlalu) Percaya diri tidak dibenarkan. Orang yang ikhlas tidak akan menyesal. Orang yang baik hati tidak berharap balasan, dan seorang pecinta tidak akan berpaling. Jadilah dirimu sendiri dan tidak seperti yang orang lain inginkan."

معنى الحب. الحب ليس لمس يد رقيقه ، وليس قبله عميقه، الحب ليس اشتباك ايادى وليس كلمات تؤخذ من الأغانى . الحب احساس بقلب يخاف عليك يمنحك الإبتسامه عندما تقسى الدنيا عليك نظره تسكنك في جنة الخيالات . الحب احساس أنك اهم شخص في حياه من يحبك .
*Makna Cinta*
"Cinta bukanlah sentuhan tangan yang lembut, bukan pula ciuman yang dalam, cinta bukanlah jalinan tangan (bergandengan), bukan pula kata-kata yang diambil dari sebuah lagu. Cinta adalah sebuah sensasi rasa takut yang menyelinap dalam hatimu. Cinta adalah yang membuatmu tersenyum ketika kamu merasakan dunia yang begitu keras. Pandangannya membuatmu berfantasi (seolah) penghuni surga. Cinta adalah perasaan bahwa kamu adalah orang yang paling penting dalam kehidupan orang yang mencintaimu." (Nizar Qabbani).

مهما كنت تظن أنك محبوب من الجميع دائما ستجد أحدهم يمتظر اللحظة التي تقف فيها على الحافة ليدفعك إلي الأسفل.

"Tidak peduli seberapa banyak kamu berpikir bahwa kamu dicintai oleh semua orang, (tetap) kamu akan selalu menemukan seseorang yang menunggu disaat kamu berdiri di suatu tepian untuk mendorongmu (jatuh) ke bawah."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar