Rabu, 20 November 2019

KALAM HUKAMA

Terjemah Kalam Hikmah (3)
______________________________

Alih Bahasa: Danny Himawan Ma'shum.


لاتحكموا على الناس في كيفية تواصلهم مع الله , فلكل انسان طريقته الخاصة في التواصل مع خالقه وليست صلواتكم او المناسك التي تؤدونها تقربكم إلى الله بل قلوبكم الصافية المليئة بالرحمة هي التي تجعلكم قريبين منه.( شمس الدين تبريز )

"Jangan menghakimi orang tentang cara mereka berkomunikasi dengan Allah. Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk berkomunikasi dengan Penciptanya, bukan doa atau ritual anda yang membawa anda lebih dekat kepada Tuhan, tetapi hati anda yang murni dipenuhi dengan belas kasihanlah yang membuat anda dekat dengan-Nya." _Syams al-Din Tabrizi_

لا تسأل أحداً لماذا غاب عنك ، ولا تعاتب أحداً يرد عليك متأخراً ، كن متفهماً بأن كل شخص يتعاملو معك حسب أهميتك لديه ! 

"Jangan tanya siapa pun mengapa seseorang meninggalkan-mu, dan jangan salahkan siapa pun yang terlambat dalam memberi jawaban. Pahami bahwa setiap orang berurusan dengan-mu sesuai dengan kepentingan-mu."

الزمن يُغير فيك أشياء كثيرة مفاهيمك ، قناعتك ، إهتمامك ، أفراحك لكن إياك أن تتركه أن يُغير فيك أمور لا تقبل التغير مثل معدنك الطيب ومبادئك وأخلاقك.

"Waktu mengubah banyak hal dalam konsep pemahaman-mu, keyakinan-mu, minat-mu, serta kegembiraan-mu, tetapi waktu tidak pernah membiarkannya berubah dalam diri-mu hal-hal yang tidak menerima perubahan seperti halnya sumber daya yang baik, prinsip dan moral-mu."

ليس مهمّا أن تروق للأخرين بفكرك وفعلك فالمهم أن تبحث عن رضا الله عنك وتبقى أنت في حدود رضاك عن نفسك.

"Tidak penting untuk menarik orang lain agar mengikuti pemikiran dan tindakan-mu, penting bagi-mu untuk mencari kepuasan Allah dan menjaga dirimu tetap dalam kepuasanmu."

عندما تتخذ القرار الصحيح لا تبالي لقلبك . تألم يوم ، شهر أو حتى سنة بقرار عقلي صحيح ، أفضل من أن تتألم طيلة حياتك بقرار خاطئ من قلبك.

"Ketika kamu membuat keputusan yang tepat, jangan pedulikan hatimu. Lebih baik menderita sehari, sebulan, atau bahkan setahun dengan keputusan mental yang benar, daripada menderita selama sisa hidupmu dengan keputusan hati yang salah."

من علامات الجمال، تلك الطيبة التي لا ترى بالعين، ولكنها تلمس القلب، التي تمسح على ندبة كل قلب كسير، فنشعر بالأمان . هذا هو الجمال الذي لا يشيخ.

*Salah satu tanda kecantikan*

Inilah keindahan yang tidak terlihat oleh mata, tetapi menyentuh hati, yang menyeka bekas luka setiap yang patah hati, disitu kita merasa aman. Inilah keindahan yang tidak akan pernah menua."

الصبر ليس قدرتنا على الانتظار فالانتظار حقيقه من حقائق الحياة بل هو قدرتنا على الاحتفاط بقلوبنا راضية في أوقات الانتظار . . !

"Kesabaran bukanlah kemampuan kita untuk menunggu, akan halnya menunggu merupakan satu kenyataan dari beberapa fakta kehidupan. Tetapi kesabaran adalah kemampuan kita untuk membuat hati kita puas dalam saat-saat menunggu."

ذلك الصديق ؛ الذي تتباهي به لسنوات ، سيكون أسوء أعدائك ذات يوم.

"Itulah teman, seorang yang kamu banggakan selama bertahun-tahun, akan menjadi musuh terburukmu suatu hari nanti."

لاتنتظر مني كرماً حين تكون بخيلاً ولا لطفاً حين تكون وقحاً ولا صدقاً حين تكون منافقاً  لاتنتظر مني مالم أجده فيك.

"Jangan menunggu kemurahan hatiku ketika kamu pelit, atau (menunggu) kebaikanku ketika kamu kasar, atau kejujuranku ​​ketika kamu munafik. Jangan menungguku kecuali aku menemukannya di dalam dirimu."

سئل حكيم : هل هناك أقبح من " البخل " قال : نعم الكريم إذا تحدث بإحسانه لمن أحسن اليه.

"Seorang bijak ditanya: "Apakah ada yang lebih jelek daripada "kekikiran"?  Ia berkata: "Ya, (yaitu) si dermawan jika dia berbicara tentang kebaikannya kepada mereka yang telah berbuat lebih baik kepadanya."

يخجل بعضنا من طلب حقه قال حكيم : لقد تعلمت باكراً أن الحق لا يعطى لمن يسكت عنه وأن على المرء أن يحدث بعض الضجيج حتى يحصل على ما يريد !

"Beberapa dari kita malu menuntut haknya. Maka seorang bijak berkata: "Saya tahu sejak awal bahwa hak itu tidak diberikan kepada mereka yang diam tentang haknya. Dan (kebanyakan) seseorang harus membuat keributan untuk mendapatkan apa yang dia inginkan!."

الزواج صفقة فاشلة إذا كان هدف الأهل منه أن يعقل " الولد " فبنات الناس ليسوا مصحة نفسية ليصلحوا ما أفسدتم بتربيتكم.

"Pernikahan adalah tawar-menawar yang gagal jika tujuan orang tua adalah hanya untuk memahami "anak laki-laki (nya)", (sebab) anak perempuan orang bukanlah klinik kejiwaan untuk memperbaiki apa yang telah kamu rusak sebab didikanmu (terhadap anak laki-lakimu)."

سُئل حكيم ذات مرة : ا ماهو أجمل شيء قد رأيته ؟ فقال : لم ارى اجمل من شخص رأى جميع عيوبي ومازال يحبني.

"Seorang Bijak pernah ditanya: "Apa hal terindah yang pernah Anda lihat?  Dia berkata: "Saya tidak melihat orang yang paling istimewa yang melihat semua kekurangan saya tetapi masih mencintai saya."

حينما يصبح الإنسان سريع الزعل تاكد بأن هناك شيء قد أتعب قلبه بدون رحمه.

"Ketika seseorang menjadi mudah tersinggung, pastikan ada sesuatu yang melelahkan hatinya tanpa ampun."

سئل حكيم : من تعز من الناس ؟ قال : من أخلاقه كريمة ومجالسته غنيمة ونيته سليمة ومفارقته أليمة فهو كالمسك كلما مر عليه الزمان ازداد قيمة.

"Seorang Bijak ditanya: "Siapakah orang yang paling bernilai diantara manusia?". Maka dijawab oleh si Bijak; "(yaitu) Orang yang akhlaqnya, kemurahan hatinya dan kedudukan martabatnya merupakan keuntungan (baginya), niatnya baik, kepergiannya begitu menyedihkan (hati). Dia ibarat minyak misk yang tiap kali berlalu suatu masa menjadi mahal-lah harganya."

حكمة
سأل عمر بن الخطاب عمرو بن العاص حين ولاه على مصر : إذا جاءك سارق ، ماذا تفعل به ! قال : أقطع يده فقال عمر : وأنا إن جائني جائع ، قطعت يدك .
Hikmah.

"Khalifah Umar ibn al-Khattab bertanya kepada Amr ibn al-Ash ketika mengamanatkan jabatan Gubernur kepadanya di Mesir, Umar berkata: "Jika seorang pencuri (di) datang (kan) kepadamu, apa yang akan kamu lakukan? Dia ('Amr bin al-'Ash, sang Gubernur) berkata: "Aku akan memotong tangannya". Umar ibn al-Khatthab berkata: "Begitupun aku, apabila (sampai) datang kepadaku orang yang kelaparan, maka aku akan potong tanganmu."

مِن شِدَّة الحمل تعب ثم بكى ثم لجأ إلى الحائط يشكو لخالقه قسوة البشر احذر أن تؤذي مخلوق لا يسمع أنينه إلا الله.

"Sebagian dari dahsyatnya beban yang harus dibawa adalah keletihan, kemudian menangis, lalu beralih ke dinding mengeluh kepada kepada Sang Pencipta atas kekejaman manusia. Maka berhati-hati untuk tidak menyakiti makhluk yang tidak mendengar erangannya kecuali Allah."

يُقال بأن الحب قصة رواها جد لأحفاده قبل النوم ، ولكن غلبهم النعاس ف وعدهم الجد أن يكمل لهم القصة في الغد . . ولكن للأسف توفي الحد قبل أن يكمل القصة . . فبقى الحب قصة لا يعرف أحد نهايتها.

"Dikatakan bahwa cinta adalah sebuah kisah yang diceritakan kakek kepada cucunya sebelum tidur, tetapi mereka tertidur dalam janji kakek untuk menyelesaikannya besok. Namun sayangnya sebelum sampai batasnya, si kakek meninggal sebelum dia menyelesaikan cerita. Cinta tetap menjadi sebuah cerita yang tidak ada seorangpun tahu (dimana) akhirnya."

إنصح ولا تفضح ، عاتب دون أن تجرح عامل الشخص على حاضره ليس على ماضيه وعلى عقله وليس عمره وإن لم تنفع أحدا فلا تضرّه.

"Nasehatilah dan jangan mempermalukan, kritiklah tanpa harus melukai kreatifitas seseorang (yang ia kerjakan) saat ini, bukan pula pada masa lalunya, dan bukan  pada pikirannya, atau pada usianya. Apabila kamu tidak bisa memberi manfaat pada seorang pun maka jangan menjadi orang yang membahayakan bagi orang lain."

قد تبكي بكاء المضطر وتنام والله لا ينام عن تدبير أمورك تمهل. إنه يدبر لك في الغيب أموراً لو علمتها لبكيت فرحاً.

"Kamu mungkin menangis dengan tangisan paksaan, lalu tertidur. Sedangkan Allah tidak pernah tertidur untuk mengatur urusanmu perlahan-lahan. Allah merancang urusan² mu yang tidak terlihat, jika kamu mengerti tentang ini kamu akan menangis dengan sukacita."

من تربية الله لك قد يمنع عنك رزقاً تطلبه لأنه يعلم أن هذا الرزق سبب الفساد دينك أو دنياك أو أن وقته لم يأت وسيأتي في أروع وقت ممكن.

"Sebagian dari tanda didikan Allah kepadamu, terkadang kamu terhalang dari rizki yang kamu minta. Karena Dia tahu bahwa rizki ini (bisa jadi) dapat merusak agamamu atau duniamu, atau mungkin belum saatnya tiba. Dan suatu saat ia akan datang dalam waktu yang paling mengejutkan." (Asy-Syaikh Muhammad Mutawalli asy-Sya'rowi).

حقيقة الإنسان ليس بما يظهره لك بل بما يفعله لأجلك ! لذلك إذا أردت أن تعرفه فلا تصغ إلى ما يقوله بل انظر إلى ما يفعله.

"Kebenaran manusia bukanlah apa yang dia perlihatkan kepadamu, tetapi apa yang dia lakukan untukmu! Oleh sebab itu apabila kamu ingin tahu, maka jangan mendengarkan apa yang dia katakan, tetapi perhatikan apa yang dia lakukan."

من يحبك حقا يقرؤك وقت صمتك يرى طيبتك وقت غضبك يشعر بحنانك في قسوتك يري حزنك خلف إبتسامتك يستوعبك وقت عنادك ويتحملك وأنت في أسوأ حالاتك.

"Siapa yang benar-benar mencintaimu akan membaca disaat diammu, akan melihat kebaikanmu disaat marahmu, akan tetap merasakan kelembutanmu didalam kekerasan sikapmu, akan melihat kesedihanmu di belakang senyumanmu, akan menampung (semua ego) diwaktu keras kepalamu, dan akan tetap menopangmu di saat² terburukmu."

أروع ما جاء في صفاء النية.
كان طلحة بن عبد الرحمن بن عوف أجود قريش في زمانه فقالت له امرأته يوماً : ما رأيت قوماً أشدّ لؤماً من إخوانك . قال : ولم ذلك ؟ قالت : أراهم إذا اغتنيت لزِمُوك ، وإذا افتقرت تركوك فقال لها : هذا والله من كرم أخلاقهم ! يأتوننا في حال قدرتنا على إكرامهم . . ويتركوننا في حال عجزنا عن القيام بحقهم . علق على هذه القصة الإمام الماوردي فقال : انظر كيف تأوّل بكرمه هذا التأويل حتى جعل قبيح فعلهم حسنا ، وظاهر غدرهم وفاء . وهذا والله يدل على أن سلامة الصدر راحة في الدنيا وغنيمة في الآخرة وهي من أسباب دخول الجنة قال تعالى : و ونزعنا ما في صدورهم من غل إخواناً على سرر متقابلين.

*Hal Yang Paling Indah Dalam Kemurnian Niat* 

Adalah Talhah bin Abdurrahman bin Auf ,orang Quraisy terbaik di masanya. Suatu hari istrinya berkata kepadanya: "Aku tidak pernah melihat orang yang lebih menyakitkan daripada saudara-saudaramu." Talhah bertanya: "Mengapa bisa begitu?" Istrinya berkata: "Saya melihat jika kamu kaya mereka datang membutuhkanmu, dan jika tidak ada yang tersisa darimu mereka meninggalkanmu". Maka berkata Talhah kepada istrinya: "Ini adalah kemurahan akhlak hati mereka!. Mereka mendatangi kita jika kita bisa menghormati mereka. Dan mereka meninggalkan kita jika kita tidak bisa menunaikan hak mereka." Mengomentari kisah ini, Imam Mawardi berkata: "Lihatlah bagaimana sahabat Talhah menafsirkan kedermawanan dengan begitu indahnya, penafsiran ini sampai menjadikan yang buruk tampak begitu baik, dan yang tampak sebagai pengkhianatan terlihat seolah keikhlasan hati. Demi Allah ini menunjukkan bahwa selamatnya hati yang telah beristirahat dari urusan dunia dan rampasan di akhirat, dan ini merupakan salah satu alasan untuk masuk kedalam surga. Allah berfirman: "Dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang ada dalam hati mereka; mereka merasa bersaudara, duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan."(QS. Al-Hijr 15: Ayat 47).

قال سيدي عبد القادر الجيلاني رضي الله عنه:
لا يجوز لأحد أن يتصدر لإرشاد الناس إلى طريق الله حتى يكمل فيه اثنتا عشرة خصلة : 

خصلتان من الله تعالى : 
يكون ستارا غفارا .
 
وخصلتان من النبي صلى الله عليه وسلم :
يكون شفيقا رفيقا .

وخصلتان من أبي بكر رضي الله عنه :
يكون صادقا متصدقا .

وخصلتان من عمر رضي الله عنه :
يكون آمرا بالمعروف ناهيا عن المنكر .

وخصلتان من عثمان رضي الله عنه :
يكون مطعما للطعام ومصليا بالليل والناس نيام .

وخصلتان من علي رضي الله عنه :
يكون عالما شجاعا .

"Sayyidi Abdul Qadir al-Jilani ra, berkata: "Tidak ada yang dapat memimpin untuk membimbing orang ke jalan Allah sampai ia menyelesaikan dua belas kebiasaan (tahapan):

Dua tahapan dari Allah SWT, yaitu
Jadilah Tirai (penutup aib)  dan pengampunan (memberi ampunan).
 
Dua tahapan dari karakteristik Nabi saw: Berbelas kasih dan bersahabat.

Dua tahapan dari karakteristik Abu Bakar ra: yaitu jadilah yang tulus dan suka beramal.

Dua tahapan dari karakteristik Umar ra: yaitu jadilah penyeru kebajikan dan pencegah kejahatan.

Dua tahapan dari karakteristik Uthman ra: yaitu jadilah penampung makanan (bagi orang-orang yang lapar) dan berdoa/sholat di malam hari sedangkan orang lain tertidur.

Dua tahapan dari karakteristik Ali ra: yaitu jadilah seorang ilmuwan yang pemberani."


عندما تتذوق الصدمات في حياتك . سيصبح عقلك اكبر من عمرك بكثير فكل اذى هو مستوى جديد من النضج . . ومن لا يتألم لا يتعلم .

"Ketika kamu merasakan trauma dalam hidup mu. Maka akalmu akan menjadi jauh lebih tua dari usiamu. Sebab setiap gunjingan adalah tingkat kematangan baru. Karena dia yang tidak pernah menderita, tidak akan pernah bisa belajar."

وإذا ابتليتَ بجاهل متعنِّتٍ 
فاجعل سكُوتَكَ في النقاشِ سبيلا،
فالكبر حجَّر عقله وفؤاده، 
وكلامه لا يقبل البديلا 
إن رمت ترويض الوحوش فممكن 
ولكم شهدنا الطفل لاعب فيلا 
فلذاك أبسط مِن حوار مَن ارتدى 
ثوب الحماقة فاستحال جهولا.

"Jika kamu diuji dengan orang bebal yang keras kepala.
Maka jadikan diam-mu dalam suatu perdebatan sebagai satu cara.

Kesombongan telah menjadikan  akal dan hati nuraninya membatu.
Dan perkataannya tidak lagi dapat menerima solusi pengganti.

Jika kamu taklukkan binatang liar adalah sesuatu yang mungkin saja.
Maka akan kamu saksikan seorang bocah mempermainkan seekor gajah.

Jadi itu lebih sederhana daripada berdialog dengan orang yang keras kepala, sebab kebodohan sesuatu yang mustahil (ditaklukkan)."


التجاهل صدقة جارية على فقراء الأدب

"Masa bodoh adalah sedekah jariyah (yang layak ditujukan) kepada orang yang miskin adab."

علمتني الحياة أن أعامل الناس كالإِعْرابِ بعضهم يستحق الرفع، بعضهم النصب بعضهم الكسر، بعضهم الجر، بعضهم النفي وبعضهم ليس له محل أصلا في الإعراب.

"Kehidupan telah mengajari saya untuk memperlakukan orang-orang seperti halnya mengekspresikan perubahan pada bagian akhir suatu kata (i'rob) dalam bahasa arab, beberapa dari mereka pantas untuk dimuliakan (rofa'), beberapa dari mereka layak untuk diperbaiki (nashob), beberapa dari mereka perlu ditaklukkan (kasroh), beberapa dari mereka menjadi daya tarik tersendiri (jer), beberapa perlu diasingkan (nafi), dan beberapa dari mereka tidak memiliki tempat sama sekali (tidak memberi peran apa²)."

لا تظن الهموم تغير المعادن فمازال الأصيل أصيل ولو شهد البلايا ويبقي الحقير حقير ولو ملك الزمان.

"Jangan mengira bahwa kesedihan dapat merubah sumber daya (potensimu). Betapa seorang yang mulia tetaplah mulia sekalipun mengalami berbagai ujian. Dan tetaplah terhina orang yang hina sekalipun ia penguasa zaman."


الشخص الذي يستغني عنك ليوم واحد قادر على أن يستغني عنك طوال العمر فلا تثق بمن بغيب ثم يعود مشتاقا اليك.

"Seseorang yang berbagi denganmu selama sehari dapat melakukannya tanpamu seumur hidup. Maka jangan percaya tentang seseorang yang tidak pernah ada (untukmu) kemudian (secara tiba-tiba) datang menyatakan rindu(nya) kepadamu."

عندما يريدون الحب يأتون باجمل الكلمات للتعمق في القلوب وعند ما يريدون الذهاب يأتون باصغر الأسباب لكسر القلوب.

"Ketika mereka menginginkan cinta, mereka datang dengan kata-kata yang paling indah untuk masuk jauh ke dalam hati, dan ketika mereka ingin pergi mereka datang dengan alasan terkecil untuk menghancurkan hati."


عندما كنت طفلا كانت أمك تخبئ عنك حقائق مظلمة حتى تظل طفلها السعيد . . اليوم جاء دورك لتخبئ عنها حقائق مقلقة حتى تظل أمك سعيدة . . !

"Ketika kamu masih kanak-kanak, ibumu menyembunyikan beberapa fakta kelam tentangmu demi untuk menjaga mu agar engkau tetap bahagia. Maka hari ini adalah giliran mu untuk menyembunyikan beberapa fakta-fakta yang mengganggunya sehingga ibumu akan tetap bahagia!."

Catatan: Tidak layak seorang anak menyusahkan ibunya ketika dewasa, sebagaimana yang ia lakukan terhadap ibunya ketika ia masih kanak-kanak.

سئل نزار قباني اما اكثر شي يلفت انتباهك في الأنثى شعرها انوثتها ! عينيها أم وجهها ! أم ماذا فابتسم قائلا يزداد العجابي بالمرأة كلما ازدات خجلا

"Nizar Qabbani ditanya: "Apa yang paling banyak menarik perhatian Anda tentang seorang wanita, rambutnya? femininitasnya? matanya? ataukah wajahnya? Atau apa?. Dia tersenyum lalu berkata, "Kekagumanku semakin bertambah pada seorang wanita ketika semakin bertambah rasa malunya."


يقول نزار قباني المرأة التي تبكي بسرعة ثم تعود لتضحك بسرعة إياك أن تخسرها لأنها لا تعرف الحقد أبداً وتملك قلباً يحوي طيبة العالم بأكمله.

"Nizar Qabbani ditanya: "(mengapa) Wanita itu cepat sekali menangis, lalu tak berselang lama cepat sekali ia tertawa?. Maka dijawab: "Takutlah kamu dari membuatnya terluka, karena dia tidak pernah tahu apa itu kebencian, dan ia memiliki hati yang sanggup menampung kebaikan seluruh dunia."


سألوني أي النساء تحب فقلت : من أنتظرتني تسعة أشهر وأستقبلتني بدموعها وفرحها وربتني علي حساب صحتها هي التي تبقي أعظم حُب بقلبي للأبد اللهم حتم وجه امي من النار وأدخلها جنتك.

"Mereka bertanya kepadaku: "Wanita mana yang paling anda cintai?. Maka aku jawab: "Yang menanti kehadiranku selama sembilan bulan serta menerimaku dengan air mata dan kegembiraan, dan yang membesarkanku dengan mengorbankan kesehatannya adalah orang yang menyimpan cinta terbesar di hatiku selamanya. Ya Allah, tutuplah wajah ibuku dari api neraka dan masukkan ia kedalam surga-Mu."


عندما يتعمد أحدهم تجاهلك ويسعي جاهداً لإيصال هذا التجاهل لك . . فاعلم أن هذا التجاهل هو أقوى أنواع الاهتمام.

"Ketika seseorang dengan sengaja mengabaikan-mu dan berusaha untuk mengkomunikasikan ketidaktahuan itu kepadamu. Maka ketahuilah bahwa pengabaian ini adalah jenis perhatian yang paling kuat."

كيف عرفت انك تحبها ؟ تسيطر هي على تفكيري قبل النوم ، على احلامي ، و عندما استيقظ هي اول شخص افكر فيه .

Seseorang ditanya: "Bagaimana kamu tahu kamu mencintainya?. Maka di jawab: "Dia mengendalikan pikiranku sebelum aku tidur, (mengendalikan) mimpiku, dan ketika aku terbangun dialah orang pertama yang aku pikirkan."



Ibnu Ma'shum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar