Jumat, 06 Maret 2015

IMAM AN-NAWAWI RELA MEMBUJANG AGAR WAKTU BELAJARNYA TIDAK SIA-SIA

DEMI AGAR WAKTU BELAJARNYA TIDAK SIA-SIA, IMAM AN - NAWAWY RELA MEMBUJANG SEUMUR HIDUPNYA.

Didalam Kitab " Qimatuz zaman 'indal Ulama' "nya Syaikh Fattah Abu Ghuddah, Hal. 72. sebagai berikut ;

النووي كان لا يأكل الا اكلة واحدة في اليوم والليلة.

قال ابو الحسن ابن العطار، ذكر لي شيخنا رحمه الله تعالي انه كان لا يضيع له وقتا، لا في ليل ولا في نهار الا في الاشتغال بالعلم حتى في الطريق يكرر او يطالع، وانه دام علي هذا ست سنين، ثم اخذ في التصنيف والافادة والنصيحة وقول الحق، ويشرب شربة واحدة عند السحر، ويمتنع من اكل الفواكه والخيار، ويقول : اخاف ان يرطب جسمي ويجلب لي النوم، ولم يتزوج.

" Abul Hasan al Atthor berkata ; " Guruku ( Imam An-Nawawi Asy-Syafi'iy ) pernah menuturkan kepadaku, bahwa beliau tidak pernah menyia-nyiakan waktunya sesaat pun, waktunya senantiasa habis untuk menuntut ilmu, bahkan dijalan pun beliau selalu mutholaah kitab atau mengulang-ulang pelajaran/ hafalannya dan hal ini berlangsung selama 6 tahun. Beliau juga mengarang, mengajar, memberi nasehat dalam hal kebaikan. Sehari semalam beliau hanya makan dan minum sekali ( itupun ) pada akhir waktu isya' ( sahur ). beliau tidak mau makan buah-buahan dan mentimun karena khawatir tubuhnya menjadi lemah dan membuatnya mudah mengantuk, dan beliau membujang sampai akhir hayatnya ".

Dan bahkan dituturkan pula pada Hal. 73 tentang keseharian beliau yang pas-pasan, tapi tidak menyurutkan tekadnya untuk terus belajar dan mengajar serta mengarang kitab..

تقشف النووي وتخشنه في مطعمه وملبسه وعيشه.

ولازم الاشتغال والتصنيف ونشر العلم، والعبادة والاوراد والصيام والذكر، والصبر علي العيش الخشن في المأكل والملبس ملازمة كلية لا مزيد عليها، ملبسه ثوب خام، وعمامته سختيانية صغيرة. وتوفي سنة ٦٧٦ رحمه الله تعالي، فكانت حياته ٤٥ سنة، وترك من المؤلفات الكثيرة العظيمة ما قسموه على ايام حياته فكان لكل يوم فيها اربعة كراريس.

" Beliau selalu sibuk mengarang kitab, menyebarkan ilmu, beribadah, baik dzikir maupun puasa dan sabar terhadap kehidupannya yang serba pas-pasan, baik dari segi sandang dan pangan. Pakaian beliau terbuat dari kain yang sederhana dan surbannya terbuat dari bahan sejenis kulit . Beliau wafat pada tahun 676 H, pada usia relatif masih muda, yaitu 45 tahun, dengan meninggalkan banyak karangan kitab dalam jumlah banyak. Dimana jika jumlah karangan kitab beliau dibagi dengan jumlah usianya maka akan didapati bahwa beliau mengarang setiap harinya 4 kitab.

Bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar